Pengembangan web student sharing site sebagai media katarsis stres akademik siswa SMA / Maylia Firdaus

Firdaus, Maylia (2019) Pengembangan web student sharing site sebagai media katarsis stres akademik siswa SMA / Maylia Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus, Maylia. 2019. Pengembangan Web Student Sharing Site sebagai Media Katarsis Stres Akademik Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuliati Hotifah, S.Psi., M.Pd., (II) Dra. Elia Flurentin,M.Pd. Kata Kunci : web student sharing site, stress akademik, siswa SMA Stres akademik merupakan suatu keadaan atau kondisi berupa gangguan fisik, mental, atau emosional yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa. Tekanan akademik cenderung tinggi di sekolah disebabkan dengan adanya keinginan untuk mendapatkan nilai tinggi atau keberhasilan dalam bidang olahraga. Remaja merespon stres berdasarkan situasi dan kondisi mereka pada saat itu juga, karena mereka masih kurang pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan dengan berbagai pertimbangan. Maka mereka pun menjadi cenderung memilih penyelesaian masalah yang bersifat mudah dilakukan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa memerlukan perhatian khusus dalam mengelola stres akademik pada beberapa aspek. Pengembangan Web Student Sharing Site sebagai Media Katarsis Stres Akademik Siswa SMA ini dapat menjadi media baru yang dapat digunakan oleh konselor guna memberikan layanan responsive kepada siswa serta menjalankan fungsi bimbingan konseling, salahsatunya adalah fungsi kuratif. Diharapkan media web student sharing site ini mampu menjadi pemberian bantuan kepada siswa yang telah atau sedang mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan, baik dari aspek pribadi, sosial, belajar, dan karir. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan lima tahap pengembangan yang diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) yaitu, (1) penelitian dan pengumpulan informasi (reaserch and information collecting), (2) perencanaan (planning), (3) mengembangkan bentuk produk awal (develop preliminary from of product), (4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing), dan (5) revisi produk uji coba lapangan awal (main product revision). Subjek expert judgement dilakukan guna mengetahui keberterimaan produk web student sharing site beserta buku panduan adalah ahli materi bimbingan dan konseling dan ahli media bimbingan dan konseling, kemudian subjek uji coba calon pengguna website beserta buku panduan adalah konselor sebanyak 2 orang, sedangkan untuk siswa hanya melakukan uji coba produk web saja. Untuk menguji validitas peneliti menggunakan rumus korelasi Product Moment dan analisis reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dari instrumen inventori yang dikembangkan dilakukan kepada 69 siswa di SMAN Pasirian. Data yang diperoleh dari expert judgment dan uji coba produk kepada calon pengguna adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis rerata keberterimaan dan keterbacaan produk oleh ahli dan calon pengguna produk, sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik, komentar dan saran dari subjek uji yang diuraikan deskriptif secara terperinci. Expert judgment didasarkan pada aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan. Hasil penilaian para ahli pada produk web adalah 3,3 pada aspek ketepatan, 3,4 pada aspek kegunaan, 3,8 pada aspek kemudahan, 2,8 pada aspek kemenarikan. Pada penilaian para ahli pada buku panduan adalah 3,6 pada aspek ketepatan, 3,8 pada aspek kegunaan, 3,5 pada aspek kemudahan, dan 3,4 pada aspek kemenarikan. Penilaian dari uji calon pengguna (konselor) dilakukan oleh dua konselor di SMA Negeri Pasirian. Adapun hasil yang diperoleh dalam uji coba calon pengguna pada Web Student Sharing Site ini yaitu memperoleh skor 3,5 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat, skor 3,6 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna, skor 3,3 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah, dan skor 3,2 pada aspek kemenarikan yang berarti menarik. Uji coba calon pengguna pada buku panduan memperoleh skor 3,7 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat, skor 4 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna, skor 3,6 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah, dan skor 3,2 pada aspek kemenarikan yang berarti menarik. Uji kelompok kecil dilakukan oleh lima orang siswa kelas XI. Adapun hasil dari uji kelompok kecil ini memperoleh skor rata-rata 3,47 dengan kriteria sangat tepat, sangat mudah, sangat berguna, dan sangat menarik. Hal ini menunjukkan bahwa web student sharing site ini memenuhi kriteria keberterimaan pada aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa web student sharing site sebagai media katarsis stress akademik siswa SMA layak digunakan oleh konselor untuk membimbing siswa mengungkapkan serta melepas emosi serta perasaan yang sedang dirasakannya sehingga sampai berpengaruh pada proses akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116818

Actions (login required)

View Item View Item