Pengembangan panduan keterampilan manajemen waktu dengan strategi creative problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Yekti Mahmudah Meiluwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan keterampilan manajemen waktu dengan strategi creative problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Yekti Mahmudah Meiluwati

Meiluwati, Yekti Mahmudah (2020) Pengembangan panduan keterampilan manajemen waktu dengan strategi creative problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP / Yekti Mahmudah Meiluwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Meiluwati Yekti Mahmudah. 2019. Pengembangan Panduan Keterampilan Manajemen Waktu dengan Strategi Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci manajemen waktu creative problem solving prestasi belajar Prestasi belajar adalah usaha yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha belajar. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar yaitu manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan salah satu motor penggerak dan pendorong bagi individu untuk belajar dengan teratur sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara kepada konselor SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo dan hasil need assessment siswa SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki keterampilan manajemen waktu dengan baik dan belum ada media bimbingan dan konseling untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan panduan keterampilan manajemen waktu dengan strategi creative problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa panduan keterampilan manajemen waktu dengan model creative problem soving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP yang berterima secara teoritis dari aspek ketepatan kegunaan dan kelayakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model prosedural penelitian dan pengembangan Borg Gall (1983) langkah-langkah tersebut adalah (1) Tahap I yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi (2) Tahap II yaitu tahap perencanaan (3) Tahap III yaitu tahap penyusunan produk awal (4) Tahap IV yaitu tahap uji coba produk (5) Tahap V yaitu tahap revisi produk akhir (6)Tahap VI yaitu tahap melakukan uji coba lapangan utama (7) Tahap VII yaitu tahap melakukan revisi terhadap produk hasil uji coba lapangan utama (8) Tahap VIII yaitu tahap melakukan uji coba lapangan operasional (9) Tahap IX yaitu tahap melakukan revisi terhadap produk akhir dan (10) Tahap X yaitu tahap mendeminasikan dan mengimplementasikan produk. Kesepuluh tahapan tersebut peneliti melaksanakan sampai pada tahap kelima yaitu tahap revisi produk akhir. Produk diuji berdasarkan aspek keberterimaan yang dikembangkan menjadi instrumen skala penilaian oleh peneliti. Subjek penelitian dibagi menjadi dua yaitu uji coba produk awal dan uji lapangan terbatas. Uji coba produk awal telah dilakukan oleh ahli materi Bimbingan dan Konseling dan ahli media sedangakan uji lapangan terbatas telah dilakukan oleh calon pengguna produk (konselor) dan kelompok kecil (siswa). Data kuantitatif ahli materi BK dan calon pengguna produk (konselor) dianalisis dengan menggunakan inter-rater agreements model sedangkan ahli media dan uji kelompok kecil (siswa) dianalisis menggunakan teknik rerata. Hasil penilain ahli materi dan calon pengguna produk (konselor) menunjukkan klasifikasi validitas sangat tinggi dengan indeks uji ahli sebesar 1 00 penilaian ahli media diperoleh nilai 3 10 dan penilaian uji kelompok kecil (siswa) diperoleh nilai 3 5 hal ini menunjukkan bahwa penilaian ahli media dan uji kelompok kecil (siswa) terhadap produk ini sangat berterima secara teoritis dan praktis. Dapat disimpulkan bahwa produk sangat layak sebagai panduan konselor untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu. Sedangkan data kualitatif pada lembar saran dijadikan sebagai pertimbangan dan revisi produk. Saran penelitian untuk konselor sebagai pengguna produk hendaknya menggunakan panduan sebagai media dalam melatihkan keterampilan manajemen waktu siswa sedangkan bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan rancangan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan penggunaan panduan keterampilan manajemen waktu dengan strategi creative problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116816

Actions (login required)

View Item View Item