Kontribusi pola asuh demokrtais terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMKN 3 Malang / Deny Wahyu Fitriani Sulistyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pola asuh demokrtais terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMKN 3 Malang / Deny Wahyu Fitriani Sulistyawati

Sulistyawati, Deny Wahyu Fitriani (2020) Kontribusi pola asuh demokrtais terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMKN 3 Malang / Deny Wahyu Fitriani Sulistyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sulistyawati Deny Wahyu Fitriani. 2019. Kontribusi Pola Asuh Demokratis terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMKN 3 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. IM Hambali M.Pd. (2) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata kunci Pola Asuh Pola Asuh Demokratis Motivasi Belajar Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak yaitu bagaimana cara sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak. Peran yang dapat orang tua lakukan untuk menunjang prestasi akademik anak usia sekolah menyediakan tempat yang kondusif di rumah untuk anak belajar. Pola asuh yang sebaiknya digunakan yaitu pola asuh demokratis. Dengan pola asuh demokratis anak akan merasa bahagia mempunyai kontrol diri dan rasa percaya dirinya terpupuk dan akan termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar sebagai motivasi di dalam kegiatan belajar merupakan kekuatan yang dapat menjadi tenaga pendorong bagi siswa untuk mendayagunakan potensi-potensi yang ada pada dirinya untuk mewujudkan tujuan belajar. Motivasi belajar juga merupakan perasaan penggerak semangat untuk belajar. Motivasi belajar juga merupakan modal penting bagi siswa agar dapat meraih prestasi dalam belajar. Motivasi belajar yang tinggi akan mengkontribusi hasil karena siswa akan berusaha untuk belajar dari materi yang sudah dipelajari. Siswa yang memiliki motivasi akan mempunyai semangat dan banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar sehari-harinya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kontribusi pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Regresi Linier Sederhana. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X di SMKN 3 Malang yang berjumlah 16 kelas dan memiliki siswa sebanyak 546 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan sebanyak 101 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kontribusi pola asuh demokratis terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0.000 yang mana nilai ini lebih kecil dari 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis berkontribusi terhadap motivasi belajar. Apabila orang tua dapat memahami dan menggunakan gaya pola asuh demokratis dengan maksimal maka motivasi belajar siswa akan semakin baik. Hasil penelitian ini dapat menjadi saran untuk konselor agar dapat memberikan layanan dukungan sistem untuk orang tua siswa berupa kegiatan parenting yang dijadwalkan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116815

Actions (login required)

View Item View Item