Efektivitas teknik sinema edukasi untuk meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 6 Malang / Mutia Andini Putri

Putri, Mutia Andini (2019) Efektivitas teknik sinema edukasi untuk meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 6 Malang / Mutia Andini Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Mutia Andini. 2019. Efektivitas Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Carolina Ligya Radjah, M. Kes. Pembimbing II: Drs. Hariadi Kusumo, M. Pd Kata Kunci: teknik sinema edukasi, interaksi sosial, siswa SMP Gadget memudahkan dalam bidang komunikasi antar sesama, namun tertalu sering menggunakan gadget saat sedang berkumpul bersama teman mempengaruhi interaksi sosial tatap muka yang berlangsung. Sehingga kulaitas interaksi sosial secara tatap muka menurun. Dalam penelitian ini difokuskan pada interaksi sosial siswa SMP. Dalam hal ini dirasakan bahwa interaksi sosial siswa SMP perlu ditingkatkan karena dari hasil hasil wawancara dengan konselor menunjukkan bahwa siswa lebih sibuk bermain gadget ketika berkumpul bersama temannya daripada berinteraksi satu sama lain. Dalam hal ini untuk meningkatkan interaksi sosial dengan menggunakan sinema edukasi. Penelitian ini akan membuktikan apakah sinema edukasi dapat meningkatkan interaksi sosial siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik sinema edukasi dalam meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 6 Malang. Interaksi sosial adalah keterampilan individu dalam berinteraksi sosial secara langsung dengan melibatkan dua individu atau lebih yang memiliki peran masing-masing yaitu sebagai pemberi informasi yang dapat menyampaikan informasi dengan baik dan, penerima informasi yang dapat menerima informasi dengan memberikan balikan atau tanggapan terhadap informasi yang diterima dengan tepat yang menghasilkan komunikasi dua arah. Sinema edukasi berupa film pendek yang berisi tentang contoh nyata kehidupan manusia sehari-hari yang sudah dipersiapkan untuk bimbingan yang dapat menampilkan bentuk perilaku manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian semu atau quasi experiment satu kelompok prates dan postes (The One Group Pretest Postest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang sebanyak delapan orang. Instrumen pengumpul data menggunakan inventori interaksi sosial. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik uji Wilcoxon yang merupakan uji beda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang, terbukti dari peningkatan skor interaksi sosial setelah diberikan treatment dengan hasil uji Wilcoxon sebesar Z = -2.524 dan Asymp. Sig = 0.012. dari hasil penelitian ini terdapat beberapa saran: 1) hendaknya konselor menggunakan teknik sinema edukasi dalam praktik layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkat interaksi sosial siswa, 2) jika peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang sama hendaknya menggunakan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116812

Actions (login required)

View Item View Item