Keefektifan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 24 Malang / Rike Diah Suhita - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 24 Malang / Rike Diah Suhita

Suhita, Rike Diah (2019) Keefektifan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP Negeri 24 Malang / Rike Diah Suhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suhita Diah. 2019. Keefektifan Teknik Modeling Simbolikuntuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. (II) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd M.Pd Kata kunci Modeling Simbolik Empati Siswa SMP Empati adalah suatu proses dimana seseorang berpikir mengenai kondisi orang lain yang seakan-akan dia berada pada posisi orang lain itu. Seseorang akan mengalami kesulitan menjalin hubungan sosial apabila memiliki empati rendah terutamadalammengekspresikan perasaan secara terbukakepada orang lain. Teknikmodeling simbolik merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan konselor untuk meningkatkan empatisiswa SMP. Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui keefektifan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan empatisiswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One GroupPretest-Posttest Design. Subjek penelitian sebanyakskorenamsiswa dari kelas VII diambil dari hasil skorpretest terendah. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skalaempati. Hasil uji validitas mendapat 40 item yang valid. Sedangkan hasil uji realibilitas menunjukan 0 952 yang artinya reliabel dan layak untuk digunakan sebagai alat ukur penelitian tingkat empati siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik uji beda wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikasi 0 028 0 05 (pretest89 8 dan posttest119) yang berarti teknik Modeling efektif untuk meningkatkan empatisiswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepadakonselor pedoman ekperimen yang telah disusun peneliti sehingga dapat digunakan konselor mengatur dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa secara tepat dan efisien. Bagi peneliti selanjutnya menggunakan kelompok kontrol sebagai hasil yang bisa dijadikan perbandingan peneliti ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116811

Actions (login required)

View Item View Item