Kefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMP / Hana Wilda Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMP / Hana Wilda Sholihah

Sholihah, Hana Wilda (2020) Kefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMP / Hana Wilda Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihah Hana Wilda. 2019. Keefektifan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kematangan emosi Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Carolina Ligya Radjah M. Kes. Pembimbing II Dr. Triyono M. Pd Kata kunci teknik sosiodrama kemtangan emosi siswa SMP Kematangan emosi merupakan kondisi dimana seseorang telah mencapaitingkat kedewasaan dari perkembangan emosinya. Kematangan emosiditunjukkan dengan kemampuan untuk mengenali macam-macam emosi serta mampumengenali emosi. Apabila kematangan emosi telah dimilikiseseorang mampu mengendalikan dan mengarahkan emosi sesuai situasi waktu yang tepat. Seseorang yang telah matangemosinya dapat menunjukkan kemampuan untuk menerima kondisi dirinya orang lain maupun lingkungannya. Berbagai gejala siswa yang emosinya kurang matang nampak ketika siswa tidak bisa mengontrol emosinya tiba-tiba memukul temannya dan terkadang juga suka mengejek temannya dengan memanggil nama orang tua. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kematangan emosi adalah teknik sosiodrama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kefektifann teknik sosiodrama untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah delapan siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang. Instrumen pengumpul data menggunakan skala kematangan emosi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kematangan emosi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment adalah uji wilcoxon. Analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kematangan emosi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Hasil penelitian ini menunjukkan subjek penelitian mengalami peningkatan skor kematangan emosi setelah diberikan treatment. Berdasakan uji wilcoxon menunjukkan nilai Z sebesar -2 521 dan Asymp Sigsebesar 0 012. Nilai Asymp Sig 0 012 lebih kecil dari dasar pengambilan keputusan (0 012 0 05) yang artinyaH0 ditolak. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan postest dengan demikian dapat disimpulkan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMP Brawijaya Smart School Malang. Hasil penelitian ini ada beberapa saran meliputiterdapat beberapa saran (1) konselor diharapkan dapat lebih variatif dalam memilih teknik layanan yang akan diberikan kepada siswa salah satu teknik yang dapat digunakan dalam meningkatkan kematangan emosi yaitu dengan teknik sosiodrama dengan penelitian ini sebagai referensinya (2) apabila peneliti selanjutnya melakukan eksperimen yang sama dengan penelitian ini maka hendaknya treatment yang diberikan memiliki jarak waktu yang sama antar pertemuan hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (3) peneliti selanjutnya sebaiknya memperhatikan manajemen waktu sehingga treatment berjalan sebagaimana direncanakan. (4) peneliti sebaiknya melaksanakan treatment di dalam kelas agar lebih kondusif dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116803

Actions (login required)

View Item View Item