Keefektifan konseling rational-emotive behavior untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA / Diah Sri Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling rational-emotive behavior untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA / Diah Sri Wilujeng

Wilujeng, Diah Sri (2020) Keefektifan konseling rational-emotive behavior untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA / Diah Sri Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wilujeng D.S. 2019. Keefektifan Konseling Rational-Emotive Behavior untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. Kata Kunci Konseling Rational-Emotive Behavior Resiliensi Akademik Siswa SMA Kehidupan akademik dan sosial yang penuh dengan kesulitan tantangan dan rintangan cenderung menjadi permasalahan bagi siswa yang tidak mampu melewatinya dengan cara yang adaptif lebih jauh dapat menghambat prestasi optimal hal ini berkaitan dengan kemampuan resiliensi akademik. Resiliensi akademik adalah kemampuan siswa untuk mengelola kecemasan untuk beradaptasi dan menghadapi kesulitan tekanan dan stres dalam kehidupan akademik. Fenomena yang terjadi di SMA Brawijaya Smart School adalah para siswa yang cenderung berpikiran irasional dan tidak mampu mengelola perasaan negatif saat ada kesulitan akademik hal ini diperkuat dengan terdapatnya 64% siswa dari dua kelas yang memiliki tingkat resiliensi akademik rendah dan sedang. Resiliensi akademik dapat dilatihkan dengan penataan terhadap konsep ABC dalam pikiran seseorang. Dari pendapat penelitian sebelumnya menyatakan bahwa Konseling REB dapat digunakan sebagai bantuan dalam peningkatan kinerja akademis maupun kemampuan untuk melewati pengalaman adversitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling rational-emotive Behavior untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest. Penetuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian memiliki tingkat resiliensi akademik rendah dan sedang. Instrumen data yang digunakan yaitu angket resiliensi akademik dan pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistic non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test. Konseling rational-emotive Behavior efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik di SMA Brawijaya Smart School Malang. Hal tersebut dibuktikan bahwa seluruh subjek penelitian menunjukkan skor resiliensi akademik meningkat setelah dilaksanakan konseling rational-emotive Behavior. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai Z -2.251 dan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0 012 artinya H0 ditolak sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA Brawijaya Smart School Malang. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan serta kesimpulan yang telah dipaparkan maka terdapat beberapa saran yaitu (1) Guru BK harus melakukan secara runtut karena sudah di uji ahlikan dan diharapkan memasukkan ke dalam promes atau dijadwalkan secara rutin sebagai usaha pencegahan (2) Pemberian follow up secara rutin (3) Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan treatment namun tetap mendapatkan pretest dan posttest. Sehingga hasil skor akhir dapat dibandingkan dengan hasil skor kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment. dan (4) Peneliti selanjutnya hendaknya melakukan uji parsial sumbangan tiap dimensi pada peningkatan resiliensi akademik. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil yang lebih akurat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116802

Actions (login required)

View Item View Item