Penerapan teknik role-playing dalam konseling REBT untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP / Lutfiana Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik role-playing dalam konseling REBT untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP / Lutfiana Rachmawati

Rachmawati, Lutfiana (2019) Penerapan teknik role-playing dalam konseling REBT untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP / Lutfiana Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachmawati Lutfiana. 2019. Penerapan Teknik Role Playing dalam Konseling REBT untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd (II) Irene Maya Simon S.Pd. M.Pd Kata Kunci Role Playing Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) merupakan salah satu pendekatan konseling yang memandang manusia sebagai individu utuh dengan didominasi oleh sistem berfikir dan sistem perasaan yang berkaitan dalam sistem psikis individu. REBT berfokus pada membantu konseli untuk menyadari bahwa mereka dapat hidup rasional dan produktif. Dalam diri remaja konsep hubungan antar sesama manusia dan menghadapi berbagai macam masalah dialami dalam kehidupan sehari-hari. Menghadapi masalah tersebut memerlukan bantuan orang lain seperti konselor. Konselor dalam melakukannya memerlukan teknik konseling. Merujuk pada pola perilaku yang saat ini sering terjadi pada siswa mengenai prokrastinasi maka proses konseling dengan pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) sangat bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Teknik Role Playing dalam Konseling REBT untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Rancangan yang digunakan adalah pre-eksperimental bentuk One-group pretest-postest design. Keseluruhan populasi terdiri dari 27 siswa kelas VIII D SMP Negeri 15 Malang. Sampel yang digunakan terdiri dari 7 siswa yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi berdasarkan hasil pretest dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test diketahui bahwa nilai asymp sig (2 tailed) bernilai 0 018 karena 0 018 lebih kecil dari 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu Penerapan Teknik Role Playing dalam Konseling REBT dapat Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP khususnya kelas 8. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor SMP Negeri 15 Malang dan bagi peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor SMP Negeri 15 Malang adalah dapat melakukan konseling kelompok dengan teknik role playing dengan yang efektif dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa SMP. Pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat digunakan dengan merujuk pada panduan yang telah tersusun. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol sehingga peneliti nantinya dapat menyimpulkan efek jangka panjang dari treatment yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116799

Actions (login required)

View Item View Item