Pengembangan panduan permainan tali ruwet untuk meningkatkan kerja sama siswa SMP di sekolah inklusi / Dwi Anggraini Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan permainan tali ruwet untuk meningkatkan kerja sama siswa SMP di sekolah inklusi / Dwi Anggraini Saputri

Saputri, Dwi Anggraini (2019) Pengembangan panduan permainan tali ruwet untuk meningkatkan kerja sama siswa SMP di sekolah inklusi / Dwi Anggraini Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saputri Dwi Anggraini. 2019. Pengembangan Permainan Tali Ruwet untuk Meningkatkan Kerja sama Siswa SMP di Sekolah Inklusi. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si. (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata Kunci Panduan Permainan kerja sama sekolah Inklusi Sekolah inklusi adalah sekolah yang dirancang untuk menghapus batasan antara siswa berkebutuhan khusus dengan siswa normal lainnya. Bimbingan dan konseling mempunyai tanggung jawab dalam pendidikan Inklusi salah satunya yaitu membantu peserta didik dapat memenuhi tugas perkembangan dalam aspek kematangan hubungan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya dengan menunjukkan sikap kerja sama. Kerja sama merupakan salah satu proses interaksi sosial. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan di salah satu SMP Inklusi banyak siswa belum menyadari pentingnya interaksi sosial di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan panduan permainan tali ruwet untuk meningkatkan kerja sama siswa SMP di sekolah inklusi yang dapat diterima sehingga bisa digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan bimbingan. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi tahap penelitian Borg and Gall yang diadaptasi menjadi empat tahap. Subjek uji coba adalah seorang ahli Bimbingan dan Konseling seorang ahli media seorang guru BK dan 11 siswa. Instrumen divalidasi dengan menggunakan validitas logika berdasarkan kisi-kisi aspek kegunaan ketepatan kemenarikan dan kemudahan. Data dianalisis dengan menggunakan interrater agreement dan analisis konten berupa masukan dari para ahli dan calon pengguna produk. Hasil penilaian ahli Bimbingan dan Konseling ahli media dan calon pengguna berdasarkan skor keberterimaan produk adalah 1 dari rentang 0 75-1. Hasil persentase kelompok siswa pada aspek kegunaan sebesar 81% aspek ketepatan 84% aspek kemenarikan 81% dan aspek kemudahan 88%. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini memiliki keberterimaan yang sangat tinggi untuk digunakan dalam memberikan layanan bimbingan dengan topik sikap kerja sama. Sedangkan masukan dari para ahli dan calon pengguna panduan permainan ini dianggap menarik karena belum ada penelitian yang mengembangkan permainan tali ruwet. Diharapkan guru BK dapat memahami dan melaksanakan layanan bimbingan dengan teknik permainan tali ruwet sesuai dengan rencana dalam panduan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji keefektivan produk dalam meningkatkan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116797

Actions (login required)

View Item View Item