Pengembangan e-komik sebagai media layanan informasi sopan santun bagi siswa SMP / Yuliana Rasyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-komik sebagai media layanan informasi sopan santun bagi siswa SMP / Yuliana Rasyid

Rasyid, Yuliana (2019) Pengembangan e-komik sebagai media layanan informasi sopan santun bagi siswa SMP / Yuliana Rasyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rasyid Yuliana. 2019. Pengembangan E-komik sebagai Media Layanan Informasi Sopan Santun bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd. (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Kata Kunci pengembangan e-komik sopan santun siswa SMP Perilaku yang tidak mencerminkan sikap sopan santun banyak dijumpai di kalangan siswa SMP. Banyak siswa yang terlibat konflik baik dengan orangtua guru lingkungan dan konflik dengan teman sebaya sehingga tidak jarang konflik tersebut berujung pada penyelesaian masalah secara hukum. Melihat kondisi ini tentunya merugikan dan akan menghambat perkembangan siswa SMP baik dari aspek kognitif afektif psikomotorik maupun perkembangan moralnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-komik sebagai media layanan informasi sopan santun bagi siswa SMP yang berterima secara teoritis dan praktis baik aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Produk yang dihasilkan yakni berupa e-komik Webtoon untuk siswa dan buku panduan e-komik untuk konselor. Pengembangan produk menggunakan tujuh langkah model pengembangan Borg dan Gall sebagai berikut. 1) studi pendahuluan 2) perencanaan pengembangan produk 3) pengembangan komik dan buku panduan 4) uji ahli materi media dan bahasa 5) revisi uji ahli 6) uji calon pengguna dan kelompok kecil 7) analisis hasil uji dan revisi akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis rerata sedangkan jenis data yang dihimpun adalah data kuantitatif dan kualitatif. Produk ini telah dinilai oleh ahli materi ahli media ahli bahasa dan calon pengguna. Secara kuantitatif produk yang dihasilkan mendapat rerata skor 3 8 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat rerata skor 3 8 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna rerata skor 3 7 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah dan rerata skor 3 8 pada aspek kemenarikan yang berarti sangat menarik. Sehingga hasil penilaian secara keseluruhan mencapai rerata skor 3 8 yang berarti media e-komik yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan layanan informasi. Sedangkan buku panduan penggunaan yang dihasilkan mendapat rerata skor 3 7 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat rerata skor 3 8 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna rerata skor 3 7 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah dan rerata skor 3 8 pada aspek kemenarikan yang berarti sangat menarik. Sehingga hasil penilaian secara keseluruhan mencapai rerata skor 3 8 yang berarti buku panduan yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan layanan informasi. Secara kualitatif hasil penilaian keseluruhan dari para ahli yaitu perbaikan penulisan pada buku panduan dan rencana pelaksanaan layanan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas. Adapun saran kepada konselor sebagai calon pengguna produk yaitu untuk memahami prosedur dan materi bimbingan yang ada pada buku panduan e-komik sehingga proses bimbingan dapat berjalan secara efektif dan konselor dapat berkolaborasi dengan guru matapelajaran dalam pemberian informasi kepada siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya dilakukan uji lapangan utama dan dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas e-komik sebagai layanan informasi sopan santun. SUMMARY Rasyid Yuliana. 2019. The Development of Digital Comics as A Media For Information Service on Polite Manners for Junior High School Students. Thesis Guidance and Counseling Department Faculty of Science Education State University of Malang. Advisor (I) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd. (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Key Words development e-comics politeness junior high school students Behavior that does not reflect good manners is found among junior high school students. Many students are involved in conflict with parents teachers the environment and conflicts with peers so it is not uncommon for these conflicts to lead to legal solutions. Seeing this condition is certainly detrimental and will hamper the development of junior high school students both from the cognitive aspect affective psychomotor and moral development. This study aims to produce of digital comics as a media for information service on polite manners for junior high school students who accept theoretically and practically the aspects of accuracy usability usefulness ease and attractiveness. The products produced were in the form of e-comics Webtoon for students and e-comic guidebooks for counselors. This product development used the seven steps of the Borg and Gall development model as follows. 1) a preliminary study 2) product development planning 3) a comic book and a guidebook 4) material media and language expert test 5) revision of expert test 6) prospective user and small group test 7) analysis of test results and final revision. Analysis of the data used is the average analysis while the types of data collected are quantitative and qualitative data. This product had been assessed by material experts media experts linguists and potential users. Quantitatively the resulting product got a mean score of 3 8 on the aspect of accuracy which means very precise a mean score of 3 8 on the usefulness aspect which means very useful the mean score of 3 7 on the aspect of ease which means very easy and the average score of 3 8 on the aspect of attractiveness which means very interesting. So that the overall assessment results reached a mean score of 3 8 which means that the developed e-comic media is very suitable to be used as information services. Whereas the user manual produced resulted in a mean score of 3 7 in terms of accuracy which means very precise a mean score of 3 8 in the usability aspect which means very useful average score of 3 7 on the aspect of convenience which means very easy and the average score of 3 8 in terms of attractiveness which means very interesting. So that the overall assessment results reached a mean score of 3 8 which means that the developed guidebook is very worthy to be used as an information service. Qualitatively the results of the overall assessment of the experts namely the improvement of writing in the guidebook and the service implementation plan. Based on the results of research and development it can be concluded that the product developed meets acceptability criteria. For the counselor as a prospective product user is suggested to understand the procedures and guidance material contained in the e-comic guide law so that the guidance process can run effectively and the counselor can collaborate with the subject teacher in providing information to students. For further researchers are suggested to conduct on the main field test and research to determine the effectiveness of e-comics as a courtesy information service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116793

Actions (login required)

View Item View Item