Pengembangan panduan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa untuk meningkatkan moralitas siswa / Alief Rizky Rachmawati

Rachmawati, Alief Rizky (2019) Pengembangan panduan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa untuk meningkatkan moralitas siswa / Alief Rizky Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachmawati, Alief Rizky. 2019. Pengembangan Panduan Teknik Klarifikasi Nilai Bermuatan Pitutur Luhur Jawa untuk Meningkatkan Moralitas Siswa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd., (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd Kata kunci : teknik klarifikasi nilai, pitutur luhur Jawa, moralitas Penelitian pengembangan panduan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa untuk meningkatkan moralitas siswa ini disusun berdasarkan belum maksimalnya layanan bimbingan dan adanya penyimpangan remaja. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya kasus kriminal dan kenakalan remaja. Pergeseran nilai moral tersebut dapat menghambat perkembangan siswa dan mengganggu masyarakat, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan moralitas siswa. Dalam pemberian layanan bimbingan untuk menumbuhkembangkan nilai moral, konselor dapat menggunakan teknik klarifikasi nilai. Penggunaan teknik klarifikasi nilai dapat dikolaborasikan dengan butir pitutur luhur Jawa, yang mengandung banyak nilai moral dan falsafah luhur untuk menginternalisasi nilai moralitas siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk memperoleh deskripsi isi dan format panduan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa yang berterima. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi tahap penilitian Borg and Gall yang diadaptasi menjadi lima tahap. Penilaian dari para ahli dan calon pengguna dilakukan menggunakan instrumen penilaian yang berbentuk rating scale. Data yang diperoleh merupakan data numerikal dan data verbal. Data numerikal merupakan nilai rata-rata isi dan format panduan, sedangkan data verbal merupakan saran dari ahli dan calon pengguna dalam bentuk lisan maupun tulisan, yang kemudian dipertimbangkan untuk menyempurnakan panduan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa. Hasil penilaian menunjukkan keberterimaan isi panduan yang sangat berguna, sangat tepat, sangat menarik, dan sangat mudah, serta format panduan dinilai sangat berguna, sangat tepat, sangat menarik, dan sangat mudah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan dapat diterima dengan baik, dari segi isi maupun format. Diharapkan konselor dapat memahami dan melaksanakan teknik klarifikasi nilai bermuatan pitutur luhur Jawa sesuia rencana dalam panduan. Bagi peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat melanjutkan dengan mengeksperimenkan produk untuk melihat tingkat keefektivan panduan dalam meningkatkan moralitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116791

Actions (login required)

View Item View Item