Keefektifan media permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP / Rani Rizkita Pratiwi

Pratiwi, Rani Rizkita (2019) Keefektifan media permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP / Rani Rizkita Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi, Rani Rizkita. 2019. Keefektifan Media Permainan Simulasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Dra. Elia Flurentin, M. Pd. Kata Kunci: media permainan, simulasi ular tangga, tanggung jawab belajar. Memiliki rasa bertanggungjawab sangat erat kaitannya dengan prestasi belajar di sekolah bagi siswa. Tanggung jawab belajar termasuk dalam tanggung jawab dalam diri sendiri yang harus secara sadar agar dapat belajar memenuhi tugas perkembangan. Sikap tanggung jawab yang rendah berdampak pada tingkat prestasi belajar siswa. Media permainan simulasi ular tangga merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab belajar karena dalam media ini siswa dapat bermain dan belajar dari pengalaman yang tertera dalam kartu pesan pada ular tangga tersebut. Medai disini telah di kembangkan oleh Sekar (2015) dan belum diketahui keefektifannya sehingga diperlukan penelitian. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media permainan simulasi ular tangga efektif dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP. Dengan begitu hasil yang diperoleh dapat dijadikan pertimbangan konselor maupun siswa untuk pemanfaatannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitan pre-experimental dengan model one group pretest posttest. Subjek penelitian dari kelas 8 D yang dipilih dari hasil pretest dengan skala sikap tanggung jawab yang sedang sebagai fokus. Namun begitu siswa yang memiliki skor sikap tanggung jawab yang rendah dan tinggi tetap dimasukkan dalam kelas eksperimen. Subjek eksperimen terdiri dari 15 siswa namun kelas berisi 30 siswa. Dalam penelitian ini perlakuan yang digunakan berupa tanggung jawab belajar menggunakan media simulasi ular tangga. Bahan perlakuan yang dieksperimenkan adalah hasil pengembangan yang dilakukan oleh Sekar (2015). Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikansi 0,001 Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan peningkatan tanggung jawab belajar menggunakan media simulasi permainan ular tangga efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab belajar bagi siswa SMP. Saran aplikatif teknik, diharapkan konselor dapat menggunakan paket peningkatan tanggung jawab belajar menggunakan media simulasi ular tangga dalam meningkatkan sikap tanggung jawab belajar bagi siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116788

Actions (login required)

View Item View Item