Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah untuk meningkatkan religiusitas siswa MAN 1 Kota Malang / Muna Dhiya Shofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah untuk meningkatkan religiusitas siswa MAN 1 Kota Malang / Muna Dhiya Shofiyah

Shofiyah, Muna Dhiya (2019) Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah untuk meningkatkan religiusitas siswa MAN 1 Kota Malang / Muna Dhiya Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shofiyah M.D. 2019. Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Metode Halaqah untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa MAN 1 Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci Bimbingan Kelompok Halaqah Religiusitas siswa MAN Religiusitas mewakili gambaran kualitas diri seseorang dalam menghayati ajaran agama dan keyakinannya terhadap adanya Tuhan yang mendorongnya berfikir bersikap bertindak dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan mengerjakan lima dimensi kegamaan yang mecakup ideological dimension ritualistic dimension experiental dimension intelektual dimension consecquental dimension. Agama memberikan sebuah kerangka moral sehingga seseorang bisa menstabilkan tingkah laku agama juga memberikan perlindungan rasa aman terutama bagi remaja yang tengah mencari eksistensi dirinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MAN 1 kota Malang permasalahan yang dihadapi siswa dalam mengimplementasikan nila-nilai agama seperti melakukan kewajiban-kewajiban ritual agama berhubungan dengan orang lain. Masalah tersebut membutuhkan kegiatan bimbingan dengan proses pembiasaan pemahaman dan keteladan yang dilakukan secara rutin sehingga siswa dapat mengembangan karakter religi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah untuk meningkatkan religiusitas siswa MAN. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi tahapannya adalah (1) perencanaan identifikasi kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) uji coba produk (4) revisi produk (5) produk akhir penelitian. Produk ini diuji berdasarkan aspek keberterimaan produk yang dikembangkan menjadi instrumen penelitian yang berupa angket. Subyek uji coba produk adalah ahli materi bimbingan dan konseling ahli media dan calon pengguna produk yaitu konselor sekolah. Data yang dihasilkan dari penilaian produk oleh subyek uji coba berupa data kuantitatif berupa skor dan data kualitatif berupa masukan dan saran. Data kuantitatif dianalisis menggunakan perhitungan rerata/mean sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli materi Bimbingan dan Konseling diperoleh skor total 121 dengan rata-rata 3 27 dan ahli media diperoleh skor 92 dengan rata-rata 4 00. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan bimbingan kelompok yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik sehingga bermakna sangat layak untuk digunakan. Sedangkan data deskriptif pada lembar komentar digunakan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang didapat bahwa panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah ini berterima secara teoritis dan praktis. Untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan ini disarankan bagi peneliti lain untuk dapat melakukan penelitian guna menguji keefektifan produk tersebut. SUMMARY Shofiyah M.D. 2019. The Development of A Guidebookv of Halaqah Method In Group Gudiance to Improve The Religiosity of MAN 1 Malang Students. Thesis Department of Guidance and Counseling Faculty of Science Education Malang State University Mentor (I) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci Guidance Group Halaqah Religiosity MAN students Religiosity represents a picture of one s self quality in living the teachings of religion and its belief in the existence of God that encourages him to think behave act in daily life according to working on five dimensions of religion which include ideological dimension ritualistic dimension experiential dimension intellectual dimension consecquental dimension . Religion provides a moral framework so that one can stabilize behavior religion also provides protection for security especially for teenagers who are looking for their existence. Based on the results of the preliminary study in Malang City MAN 1 the problems faced by students in implementing religious values 8203 8203 such as performing religious ritual obligations relating to others. This problem requires guidance activities with the process of habituation understanding and example that is routinely carried out so that students can develop religious characters. The purpose of this research was to produce a group guidance book with the halaqah method to improve the religiosity of MAN students. The research method used is the development model of Borg and Gall (1983) which has been modified the stages are (1) planning identification of needs (2) initial product development (3) product testing (4) product revisions (5) the final product of the study. This product was tested based on aspects of product acceptance that were developed into research instruments in the form of questionnaires. The product trial subjects are experts in guidance and counseling materials media experts and prospective product users namely school counselors. Data generated from product assessment by the subjects of the trial in the form of quantitative data in the form of scores and qualitative data in the form of input and suggestions. Quantitative data were analyzed using mean calculations while qualitative data were analyzed descriptively. Based on the results of the expert test material Guidance and Counseling obtained a total score of 121 with an average of 3.27 and media experts obtained a score of 92 with an average of 4.00. This shows that the group guidance manual developed developed fulfills the criteria is very precisely very useful very easy and very interesting so that it means that it is very feasible to use. While descriptive data on the comment sheet is used as a consideration in product revisions. The conclusion is that the group guidance guide with the halaqah method is theoretically and practically acceptable. To find out the effectiveness of this guidance guide it is recommended for other researchers to be able to conduct research to test the effectiveness of these products.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116786

Actions (login required)

View Item View Item