Perbedaan keefektifan teknik biblioedukasi dan mendongeng untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif siswa SD / Rina Agustin

Agustin, Rina (2019) Perbedaan keefektifan teknik biblioedukasi dan mendongeng untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif siswa SD / Rina Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin, Rina. 2019. Perbedaan Keefektifan Teknik Biblioedukasi dan Mendongeng Untuk Meningkatkan Kesadaran Perilaku Asertif Siswa SD. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henny Indreswari, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: biblioedukasi, mendongeng, asertif Banyaknya permasalahan yang terjadi di sekolah menyebabkan ketidaknyamanan dalam belajar, salah satu pemasalahan yang sering dijumpai adalah bullying. Bullying yang terjadi disebabkan karena ketidakmampuan siswa dalam mengekspresikan perasaannya dengan tepat sehingga berdampak dalam kehidupan sosialnya. Bagi korban bullying dampak yang dirasakan dalam kesehariannya, seperti rasa takut, penurunan kepercayaan diri, rendah diri, hingga menarik diri dari lingkungan sekitar. Perlu adanya kemampuan untuk dapat tegas dan jujur, sehingga siswa untuk mampu mengekspresikan dirinya agar tidak dianggap sebelah mata oleh orang lain. Perilaku asertif merupakan kemampuan seseorang dalam mengekspresikan perasaannya baik positif maupun negatif, mengungkapkan kebutuhan dan pemikirannya dengan memperhatikan hak orang lain. Oleh karena itu, perlu ditanamkan kesadaran akan perilaku asertif pada siswa untuk membantu dalam memberikan pemahaman mengenai dirinya dan mencegah terjadinya bullying. Teknik biblioedukasi dan mendongeng dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif pada siswa. Penggunaan bahan bacaan dan dongeng yang dibawakan disesuaikan dengan nilai-nilai yang akan ditanamkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara teknik biblioedukasi dan mendongeng untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian equivalent time series design dengan metode purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD, berjumlah 9 siswa, yang memiliki kriteria rendah dan/atau sedang. Alat pengumpul data berupa skala kesadaran akan perilaku asertif. Pemberian skala kesadaran akan perilaku asertif dilakukan pada saat pre-test, post-test 1, dan pos-test 2. Analisa data penelitian dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test . Sebelum diberikan treatment dengan menggunakan teknik biblioedukasi dan mendongeng didapatkan hasil rata-rata pre-test yaitu 15,7. Setelah pemberian treatment sebanyak enam kali pertemuan menggunakan biblioedukasi mengalami peningkatan sebanyak 18,44. Sementara itu hasil dari pos-test 2 setelah pemberian treatment dengan menggunakan mendongeng selama enam kali pertemuan juga mengalami peningkatan yang lebih banyak yaitu 23,55. Berdasarkan hasil dari pengujian Wilcoxon Signed Rank Test, hasil pre-test dan biblioedukasi mendapatkan nilai signifikansi 0,612 ≥ 0,05 dan hasil dari pre-test dan mendongeng diperoleh nilai signifikansi 0,008≤0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan keefektifan antara teknik biblioedukasi dan mendongeng dalam meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan teknik bibloedukasi dan mendongeng untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif siswa. Hasil uji hipotesis didapatkan bahwa teknik mendongeng lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran akan perilaku asertif pada siswa. Saran yang diberikan yaitu, bagi guru untuk dapat menerapkan teknik biblioedukasi dan mendongeng sebagai alternatif metode mengajar sekaligus untuk dapat meningatkan kesadaran akan perilaku asertif pada siswa dan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan teknik biblioedukasi dan mendongeng yang diterapkan dengan menggunakan variabel lain dan dengan menggunakan media yang bervariasi agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116783

Actions (login required)

View Item View Item