Meaning of life siswa berprestasi SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur: studi fenomenologi / Fitri Nurhidayati

Nurhidayati, Fitri (2019) Meaning of life siswa berprestasi SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur: studi fenomenologi / Fitri Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurhidayati, Fitri. 2019. Meaning of Life Siswa Berprestasi SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur Studi Fenomenologi. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd., (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. Kata Kunci: makna hidup, prestasi akademik dan non akademik, siswa SMA Setiap individu memiliki makna hidup yang berbeda-beda. Dalam makna hidup terkandung tujuan hidup yang harus dipenuhi dan dicapai. Seseorang yang mampu menghayati makna hidup dalam dirinya, membantu orang tersebut untuk mencapai tujuan yang dimilikinya. Alasan peneliti melakukan penelitian ini karena sekolah yang menjunjung tinggi sikap kedisiplinan membuat siswa memiliki sikap mandiri dan tertanam jiwa taruna di dirinya. Jiwa taruna tercermin dari sikap para siswa yang berjiwa kebangsaan, disiplin, dan mandiri dan serta mampu dalam menghadapi segala rintangan. Hal ini sesuai dengan cerminan salah satu nilai meaning of life yaitu nilai bersikap (attitudinal value). Setiap nilai dalam meaning of life tidak bisa terpisahkan, nilai-nilai tersebut terbungkus dalam satu wujud yaitu meaning of life. Fokus penelitian ini ialah bagaimana gambaran ketiga nilai yang terkandung dalam makna hidup siswa berprestasi SMA Negeri Taruna Nala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa breprestasi akademik dan non akademik di tingkat regional mapun internasional. Pemilihan subjek menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik wawancara, otobiografi dan studi dokumentasi dalam mendalami data penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis menurut Alvesson yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu: reduksi fenomenologi, reduksi editik, dan reduksi transedental. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian berdasarkan aspek tiga nilai dalam meaning of life. Pertama, makna nilai-nilai kreatif siswa dalam mencapai prestasi diwujudkan dengan kerjas keras dan usaha mereka untuk belajar dan bersungguh-sungguh dalam setiap bidang yang ditekuni. Hal tersebut mereka lakukan demi tujuan membanggakan orang tua dan cita-cita studi lanjut. Bertanggung jawab pada tugas sekolah dan tugas asrama yang diterima. Kedua, makna nilai-nilai pengalaman yaitu ketaatan mereka terkait nilai-nilai kehidupan berupa taat dalam melaksanakan ibadah wajib ataupun sunah, menerapkan nasihat yang diberikan orang tua dna menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama. Nilai ketiga adalah makna nilai-nilai bersikap tercermin pada keadaan sabar dan tabah dalam menghadapi setiap cobaan yang dialami, mengambil hikmah dari setiap kejadian, selalu bersyukur atas kemampuan yang dimiliki dan menyerahkan semua hasil usaha pada Sang Pencipta. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: (1) guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan hasil penelitian untuk lebih memahami para siswa terkait pemaknaan dalam kehidupan di sekolah. (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan member checking untuk keabsahan data dan tidak hanya berfokus pada siswa berprestasi namun seluruh siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116782

Actions (login required)

View Item View Item