Hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa pada layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang / Syifaul Nur Jannah

Jannah, Syifaul Nur (2019) Hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa pada layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang / Syifaul Nur Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah, Syifaul Nur. 2019. Hubungan Antara Persepsi Siswa Dengan Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, M.Pd. Kata Kunci: persepsi siswa, minat siswa, layanan bk Sekolah memberikan bantuan kepada siswa untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam bidang belajar, sosial, karier, dan pribadi yaitu bimbingan dan konseling. Akan tetapi tidak semua siswa berminat untuk memanfaatkan layanan BK, hal ini dikarenakan siswa memiliki persepsi tersendiri terhadap bimbingan konseling di sekolah. Oleh karena itu peneliti akan melihat apakah persepsi siswa dengan minat siswa pada layanan BK memiliki hubungan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu a) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, b) Mendeskripsikan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, serta c) Mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas 12 SMK Negeri 5 Malang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Stratified random sampling yang terdiri dari 8 kelas dari 8 jurusan. Instrumen pengumpulan dalam bentuk inventori persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling dan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis pearson correlation. Berdasarkan analisis didapatkan nilai sebesar 0,751 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti taraf signifikansi kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan bimbingaan dan konseling dengan minat siswa terhadap layanan bimbingaan dan konseling Konselor hendaknya mempertahankan minat siswa yang sudah tinggi ini dengan memperbaiki layanan-layanan yang sudah ada sehingga minat siswa nantinya juga akan bertambah. Diharapkan setelah konselor mengetahui informasi mengenai persepsi siswa, konselor mampu meningkatkan kualiatas agar siswa tetap berpersepsi positif. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan dan dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan bacaan untuk peneliti selanjutnya yang akan menggunakan variabel serupa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116780

Actions (login required)

View Item View Item