Keefektifan problem solving technique untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Alfiyatuz Zahro' Firdhousy

Firdhousy, Alfiyatuz Zahro' (2019) Keefektifan problem solving technique untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Alfiyatuz Zahro' Firdhousy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdhousy, A.Z. 2019. Keefektifan Problem Solving Technique untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd. Kata Kunci: problem solving technique, kecerdasan adversitas, siswa kelas XI SMA Hambatan dan tantangan menuju kesuksesan setiap individu erat kaitannya dengan kecerdasan adversitas. Kecerdasan adversitas merupakan kemampuan seseorang dalam berjuang menghadapi dan mengatasi masalah, hambatan atau kesulitan yang dimiliki serta dapat mengubahnya menjadi peluang keberhasilan dan kesuksesan. Fenomena yang ditemukan di sekolah saat ini, menunjukkan dari 101 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM, terdapat 13,8% siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah dan sedang. Permasalahan ini dianggap penting karena akibat dari kecerdasan adversitas yang rendah yaitu individu menjadi tidak berdaya (keyakinan bahwa apa yang dilakukan seseorang tidak ada manfaatnya). Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan problem solving technique untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan desain pretest and posttest. Penentuan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian memiliki tingkat kecerdasan adversitas rendah dan sedang. Instrumen data yang digunakan yaitu angket kecerdasan adversitas dan pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem solving technique efektif untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa di SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil yang signifikan sebesar 0,002 (0,002 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa problem solving technique efektif untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan untuk: (1) konselor SMA (Sekolah Menengah Atas) hendaknya melaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan problem solving technique sesuai dengan pedoman eksperimen untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa kelas XI, (2) Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan treatment namun tetap mendapatkan pretest dan posttest, untuk mengetahui perbandingan skor kelompok kontrol dengan hasil skor kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment, (3) melakukan uji parsial sumbangan tiap dimensi pada peningkatan kecerdasan adversitas. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116779

Actions (login required)

View Item View Item