Profil keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri 2 Singosari Malang berdasarkan gender / Dhita Werdhikaning Tyas Asih

Asih, Dhita Werdhikaning Tyas (2019) Profil keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri 2 Singosari Malang berdasarkan gender / Dhita Werdhikaning Tyas Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Asih, Dhita Werdhikaning Tyas. 2019. Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 2 Singosari Malang Berdasarkan Gender. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Irene Maya Simon, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Diniy Hidayatur Rahman, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: keterampilan komunikasi interpersonal, siswa SMK, gender Salah satu standar kompetensi siswa SMK adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun demikian, penggunaan gadget dapat mempengaruhi keterampilan komunikasi yang dimiliki siswa. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan komunikasi interpersonal keseluruhan siswa SMK Negeri 2 Singosari Malang, mengetahui profil keterampilan komunikasi siswa perempuan, mengetahui keterampilan komunikasi interpersonal siswa laki-laki, dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMK Negeri 2 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif, karena bertujuan untuk menggambarkan profil keterampilan komunikasi interpersonal siswa dan perbedaan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri 2 Singosari berdasarkan gender. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportional Cluster Random Sampling dengan proporsi 25%. Subjek penelitian ini berjumlah 128 siswa yang terdiri dari 66 siswa laki-laki dan 62 siswa perempuan. Data dikumpulkan mengugunakan Inventori Keterampilan Komunikasi Interpersonal. Data yang didapat kemudian dihitung persentasenya dan di uji hipotesisnya. Kemudian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Seluruh analisis data dan uji hipotesis tersebut diolah dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan komunikasi interpersonal antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa laki-laki mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa perempuan. Dapat disimpulkan bawa siswa laki-laki memiliki keterampilan komunikasi interpersonal lebih baik dari siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan beberapa hal sebagai berikut, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu landasan dalam perancangan program layanan Bimbingan dan Konseling. Keterampilan komunikasi interpersonal dapat dijadikan salah satu topik bahasan agar siswa dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonalnya. Bagi peneliti selanjutnya, hasil Penelitian ini masih terbatas pada lingkup SMK Negeri 2 Singosari Malang pada kelas X dan XI. Peneliti selanjutnya dapat menggunakannya pada kelas XII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116777

Actions (login required)

View Item View Item