Efektivitas teknik sosiodarama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang / Salisa Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas teknik sosiodarama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang / Salisa Rahmawati

Rahmawati, Salisa (2019) Efektivitas teknik sosiodarama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang / Salisa Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rahmawati Salisa. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. (II) Dra. Elia Flurentin S.Pd. M.Pd. Kata Kunci teknik sosiodrama keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP Komunikasi interpersonal adalah aktivitas penyampaian pesan verbal dan non verbal yang berlangsung antara dua orang atau lebih yang terjadi dalam situasi tatap muka yang memungkinkan terjadinya feedback secara langsung. Subvariabel komunikasi interpersonal adalah (1) keterbukaan (2) empati (3) dukungan (4) rasa positif dan (5) kesetaraan. Komunikasi interpersonal yang baik mendukung keberlangsungan siswa mencapai keberhasilan namun tidak semua siswa memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang sama. Terdapat hambatan yang dialami siswa seperti tidak memandang mata orang yang mengajak berbicara pasif dalam diskusi komunikasi satu arah dan bertele-tele saat menjawab pertanyaan. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa adalah teknik sosiodrama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah sembilan siswa kelas VII SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Instrumen pengumpul data menggunakan skala keterampilan komunikasi interpersonal. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian mengalami peningkatan skor keterampilan komunikasi interpersonal setelah diberikan treatment. Berdasarkan uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2 670 dan asymp sig 0 008. Nilai asymp sig 0 008 0 05 yang artinya teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa saran (1) konselor mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal (2) apabila peneliti selanjutnya melakukan penelitan yang sama maka melaksanakan penelitian dengan jarak waktu antar pertemuan yang sama (3) menggunakan kelompok kontrol agar ada data pembanding sehingga hasil penelitian lebih dapat dipercaya (4 ) memperhatikan jumlah item pernyataaan antara satu subvariabel dengan subvariabel (5) pengamatan dan ketercapaian indikator ditujukan pada semua subjek dan (6) memperhatikan jumlah populasi untuk memilih subjek dan populasi uji coba instrumen. vi SUMMARY Rahmawati Salisa. 2019. The Effect of Sociodrama to Enhance Interpersonal Communication Skills of SMP Thoriqotun Najah Students. Undergraduate Thesis. Guidance and Counseling. Departement of Science Education. State University of Malang. Advisors (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. (II) Dra. Elia Flurentin S.Pd. M.Pd. Keywords sociodrama technique interpersonal communication skill middle school students Interpersonal communication is the activity of delivering verbal and non verbal messages that take place between two or more people that occur in face to face situations that allow direct feedback. Subvariables of interpersonal communication are (1) openness (2) empathy (3) support (4) positive feeling and (5) equality. An effective interpersonal communication supports the continuity of students achieving success but not all students have the same level of interpersonal communication. There are obstacles experienced by students such as not looking into the eyes of people who invite to talk passive in discussions one way communication and wordy when answering questions. One effort that can be used to enhance students interpersonal communication skills is sociodrama. The purpose of this study was to determine the effectiveness of sociodrama techniques to enhance interpersonal communication skills of Thoriqotun Najah Singosari Malang Middle School students. This research is using experimental method. The research design used was Quasi Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Design. The sampling technique used was purposive sampling. The research subjects were nine seventh grade students of Thoriqotun Najah Singosari Malang Middle School. The data collection instrument uses is scale of interpersonal communication skills. Analysis of the data used to determine the differences in the level of interpersonal communication of students before and after being given treatment is the Wilcoxon test. The results showed that subjects experienced an increase in scores on interpersonal communication skills after being given treatment. Based on the Wilcoxon test obtained the value of Z of -2 670 and asymp sig 0 008. Asymp value of sig 0.008

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116776

Actions (login required)

View Item View Item