Dinamika emosi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dalam pengambilan keputusan karier / Irsalina Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika emosi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dalam pengambilan keputusan karier / Irsalina Rahmawati

Rahmawati, Irsalina (2019) Dinamika emosi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dalam pengambilan keputusan karier / Irsalina Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Rahmawati Irsalina. 2019. Dinamika Emosi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi dalam Pengambilan Keputusan Karier. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd (II) Dr. Muslihati S Ag. M.Pd Kata Kunci dinamika emosi anak berkebutuhan khusus keputusan karier Siswa berkebutuhan khusus memiliki dinamika emosi yang berbeda dengan siswa normal lainnya. Mereka membutuhkan perhatian dan penerimaan diri agar dapat mengendalikan emosinya dalam hal penentuan karier. Dinamika emosi dapat ditemukan dalam keadaan tertentu dan dapat dijumpai pada siswa berkebutuhan khusus bukan hanya siswa normal. Penelitian ini mendeskripsikan pengambilan keputusan karier siswa berkebutuhan khusus dan mendeskripsikan dinamika emosi siswa berkebutuhan khusus dalam pengambilan keputusan karier. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Malang. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa berkebutuhan khusus kategori tunarungu. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang uraian dan penjelasan secara komprehensif mengenai individu. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrument observasi wawancara dengan informan kunci yaitu dua orang subjek siswa berkebutuhan khusus informan tambahan yaitu dari guru pembimbing khusus dan guru bimbingan dan konseling serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data data display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua subjek memiliki dinamika emosi yang berbeda. Dalam pengambilan keputusan karier siswa berkebutuhan khusus mengalami dinamika emosi positif dan emosi negatif. Adanya pengalaman emosi ketika menghadapi suatu kejadian itu yang mengakibatkan perbedaan dengan siswa berkebutuhan khusus lain nya. Perbedaan ini terjadi karena akibat dari reaksi fisiologis yang dirasakan penilaian kognitif pengalaman emosi dan reaksi emosi. Dinamika emosi tersebut akan selalu muncul hingga akhirnya siswa berkebutuhan khusus dapat menentukan tujuan dan menerima dengan ikhlas kenyataan bahwa diri nya berbeda dengan siswa regular lain nya. Siswa berkebutuhan khusus dalam hal menentukan karier nya mengalami kecemasan ketakutan dan lain nya hal itu merupakan sebuah proses.. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terdapat beberapa saran terkait penelitian ini. Konselor disarankan dapat memberikan bimbingan kepada siswa berkebutuhan khusus dalam mengembangkan poteni yang dimiliki sehingga mereka mampu menentukan apa yang dilakukannya dengan lebih terarah. Bagi Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai kondisi siswa berkebutuhan khusus sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan pemhaman mental dan skill untuk terjun di dunia kerja. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan indikator lain terkait dengan siswa berkebutuhan khusus. v SUMMARY Rahmawati Irsalina. 2019. Emotional dynamic of students with special needs in inclusive schools in career decision making. Essay Guidance and Counseling Department Faculty of Education State University of Malang Advisor (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd (II) Dr. Muslihati S Ag. M.Pd Keywords Emotional dynamics students with special needs career decision Difable students has different emotional dynamics with a normal students. They need more attention and self accepted in order to they can controlling their emotion especially for decide career. The emotional dynamics can be find in a certain condition and we can find in a difable student not just for a normal student. This observation describing about taking career a difable student and describing an emotional dynamics for taking a career s decide. Ths observation is held on SMK Negeri 2 Malang. The subject of observation consist from two difable students with dumb (tunarungu) category. The observation use for qualitative approach case study method. That explained about individual comprehensively for getting the data. Observer using observation instrument interview with informant keys they are two subject difable studentsaddition informant it s from special advisor teacher andguidance and counseling teacher and also documentation analizes of the data used reduction of data display data and attracking of the conclusion. The results of observation show that two subject have a different emotional dynamics. On taking of career decision one of difable students getting positive and negative emotional dynamics. For those emotional experience when they confront one event it s cousing differences for other difable students. The differences happen because of physiological reaction that feel cognitive value emotional experienceand emotional reaction. The emotional dynamics will appears unti the difable student can find and decide their clim and they will acceptedwith all heart and soul reality that they one different with other regular student. The difable students in one thing for decide their careerwill getting anxiety acare and others. That is forma process. The difable student claim for control their emotion that appears and also their trouble thaught. For that. The observer also use REBT theory for being facilitator into difable students. Based on this research that gained there are many suggestion for this observation. Concelor suggested can give consult or guidance for the difable student to spread their own potention or skill in order to they can decide everything can do on point for the university student of guidance and counseling. The result of this observation can give a describe about the condition of difable student. Until they can prepare understanding mentally and skill to faced a working world the next observer suggested to spread other indicator related with the difable student.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116775

Actions (login required)

View Item View Item