Kontribusi atraksi interpersonal dan keterbukaan diri terhadap penerimaan kelompok sebaya pada siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang / Nova Firda Lekvidania

Lekvidania, Nova Firda (2019) Kontribusi atraksi interpersonal dan keterbukaan diri terhadap penerimaan kelompok sebaya pada siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang / Nova Firda Lekvidania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lekvidania, N. F. 2019. Kontribusi Atraksi Interpersonal dan Keterbukaan Diri terhadap Penerimaan Kelompok Sebaya pada Siswa Kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd Kata Kunci : Atraksi interpersonal, keterbukaan diri, penerimaan kelompok sebaya Penerimaan kelompok sebaya dibutuhkan setiap individu agar merasa dihargai dan dibutuhkan, khususnya pada siswa SMP. Penerimaan kelompok sebaya terjadi apabila seseorang dianggap memenuhi kriteria harapan kelompok tertentu. Seseorang yang menarik secara interpersonal dan mampu mengungkapkan dirinya secara tepat cenderung dipilih orang lain sebagai teman berkelompok, sehingga penting bagi setiap siswa untuk memperhatikan atraksi interpersonal dan keterbukaan dirinya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tingkat atraksi interpersonal, tingkat keterbukaan diri, tingkat penerimaan kelompok sebaya siswa dan melihat kontribusi atraksi interpersonal dan keterbukaan diri terhadap penerimaan kelompok sebaya siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Hipotesis penelitian, ada kontribusi atraksi interpersonal dan keterbukaan diri terhadap penerimaan kelompok sebaya siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Penelitian menggunakan rancangan uji asumsi deskriptif eksplanasi. Sampel sebanyak 146 siswa kelas 8 yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket atraksi interpersonal, angket keterbukaan diri dan angket penerimaan kelompok sebaya dengan validitas &#8805; 0,25 dan reliabilitas &#8805; 0,6. Teknik analisis data, dengan analisis deskriptif dan analisis regresi dua prediktor atau analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi dari atraksi interpersonal dan keterbukaan diri terhadap penerimaan kelompok sebaya pada kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Hasil uji F menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa variabel atraksi interpersonal dan keterbukaan diri secara simultan mempunyai pengaruh terhadap penerimaan kelompok sebaya serta H1 diterima. Hasil koefisien determinasi mendapatkan nilai r square 0,193 yang artinya secara simultan atraksi interpersonal dan keterbukaan diri mempengaruhi 19,3 % terhadap penerimaan kelompok sebaya siswa. Hasil uji sumbangan efektif menunjukkan bahwa atraksi interpersonal mempengaruhi penerimaan kelompok sebaya sebesar 14,3% dan keterbukaan diri mempengaruhi penerimaan kelompok sebaya sebesar 5%. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel atraksi interpersonal dan keterbukaan diri menyumbang terhadap penerimaan kelompok sebaya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada guru BK untuk memberikan layanan dasar dalam bidang pribadi sosial guna meningkatkan atraksi interpersonal dan keterbukaan diri siswa serta mengembangkan penerimaan kelompok sebaya siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi penerimaan kelompok sebaya seperti konformitas, status sosial, dan kematangan emosi siswa. SUMMARY Lekvidania, N. F. 2019. The Contribution of Interpersonal Attractions and Self-Disclosure to Peer Acceptance of 8th Graders of SMP Laboratorium UM. Thesis, Department of Guidance and Counseling. Faculty of Education. State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M. Pd Keywords : Interpersonal attractions, self-disclosure, peer group acceptance Peer group acceptance is needed by each individual to feel valued and needed, especially for middle school students. Peer group acceptance occurs when a person is deemed to meet the expectations of a particular group. Someone who is attractive interpersonally and is able to express himself appropriately tends to be chosen by others as friends in groups, so that it is important for each student to pay attention to his interpersonal attractions and openness. The research objective was to describe the level of interpersonal attraction, the level of self-disclosure, the level of acceptance of peer groups of students and to see the contribution of interpersonal attractions and self-disclosure to peer group acceptance of 8th grade students of SMP Laboratorium UM Malang. The research hypothesis is that there are contributions to interpersonal attractions and self-openness towards peer group acceptance of 8th grade students of SMP Laboratorium UM Malang. The study used a descriptive explanatory assumption test design. A sample of 146 eighth grade students was taken using a simple random sampling technique. The research instrument used interpersonal attraction questionnaires, self-disclosure questionnaire and peer group questionnaire with validity &#8805; 0.25 and reliability &#8805; 0.6. Data analysis techniques, with descriptive analysis and regression analysis of two predictors or multiple linear regression analysis. The results showed the contribution of interpersonal attractions and self-disclosure towards peer group acceptance in the 8th grade of SMP Laboratorium UM Malang. The results of the F test show a significance of 0,000 <0,05 so that it can be interpreted that the variables of interpersonal attraction and self-disclosure simultaneously have an influence on peer group acceptance and H1 is accepted. The results of the coefficient of determination get a r square value of 0.193 which means that simultaneous interpersonal attraction and self-disclosure affect 19.3% of the acceptance of student peer groups. The results of the effective donation test showed that interpersonal attractions influenced peer acceptance by 14.3% and self-disclosure affected peer group acceptance by 5%. The test results show that interpersonal attraction variables and self-disclosure contribute to peer group acceptance. Based on the results of these studies, it is advisable for BK teachers to provide basic services in the field of personal social in order to improve interpersonal attraction and openness of students and develop peer group acceptance of 8th grade students of SMP Laboratorium UM Malang. Suggestions for future researchers are to pay attention to other factors that influence peer group acceptance such as conformity, social status, and emotional maturity of students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116772

Actions (login required)

View Item View Item