Profil keterampilan interpersonal peserta didik kelas X SMKN 2 Singosari Malang / Mohamad Ishak - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil keterampilan interpersonal peserta didik kelas X SMKN 2 Singosari Malang / Mohamad Ishak

Ishak, Mohamad (2019) Profil keterampilan interpersonal peserta didik kelas X SMKN 2 Singosari Malang / Mohamad Ishak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ishak Mohamad. 2019. Profil Keterampilan Interpersonal pada Peserta Didik Kelas X SMKN 2 Singosari. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra Elia Flurentin M.Pd (II)Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata Kunci Profil keterampilan interpersonal peserta didik SMK. Keterampilan interpersonal merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh semua manusia. Keterampilan interpersonal mencakup keterbukaan diri percaya diri keterampilan komunikasi kemampuan verbal dan non verbal mendengarkan permasalahan orang lain dan membantu menemukan jalan keluar menghadapi dan menyelesaikan masalah secara konstruktif menejemen emosi dan strees menghargai perbedaan dan memiliki etika dalam berkomunikasi. Keterampilan interpersonal yang tinggi berguna bagi peserta didik dalam berkomunikasi serta memahami inti dari komunikasi yang dibangun. Penelitian bertujuan untuk menemukan profil keterampilan interpersonal beserta profil setiap indikatornya. Keterampilan interpersonal memiliki sembilan indikator yang mencakup keterbukaan diri percaya diri keterampilan komunikasi kemampuan verbal dan non verbal mendengarkan permasalahan orang lain dan membantu menemukan jalan keluar menghadapi dan menyelesaikan masalah secara konstruktif menejemen emosi dan strees menghargai perbedaan dan memiliki etika dalam berkomunikasi. Hasil dari setiap indikator akan diubuh menuju gambaran umum dari keterampilan interpersonal. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Singosari menggunakan metode penelitian kuantitatif survei. Jumlah populasi sebanyak 108 peserta didik yang diambil dari seluruh peserta didik kelas X jurusan Multi Media. Teknik sampel yang digunakan ialah total population sampling. Analisis dilakukan dengan skala Guttman. Profil keterampilan interpersonal memperoleh skor 65 2%. Jumlah skor capaian ialah 2043 dengan jumlah skor ideal 3132. Hasil profil keterampilan interpersonal dengan skor 65 2% menunjukkan bahwa sampel memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Skor terendah disetiap sampel kelas atau secara total sebaiknya digunakan sebagai fokus dalam menyusun program layananan Bimbingan dan Konseling. Hasil terendah ialah manajemen emosi dan stres. Manajemen emosi dan stress dapat ditingkatkan melalui ekspressive writing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116771

Actions (login required)

View Item View Item