Pengembangan panduan pelatihan tujuh kebiasaan yang efektif menurut Stephen R. Covey / Shoviyana Hariyanti

Hariyanti, Shoviyana (2019) Pengembangan panduan pelatihan tujuh kebiasaan yang efektif menurut Stephen R. Covey / Shoviyana Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariyanti, Shoviyana. 2019. PengembanganPanduanPelatihanTujuhKebiasaan yang EfektifMenurut Stephen R. Covey. SkripsiJurusanBimbingandanKonseling, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd., (II) Dr. Dany M. Handarini, M.A. Kata Kunci: Panduanpelatihan, tujuhkebiasaanefektif Covey Siswasekolahmenengahpertama (SMP) dengankisaranusia 12-15 tahuntermasukkategoriremaja. Masaremaja yang merupakanmasatransisiatauperalihandarimasakanak-kanakmenujudewasa. Padamasainianakakanbanyakmengalamiperubahan yang dapatmempengaruhikognisi, kepribadianbahkankehidupansosialnya. Perubahansepertiitudapatmenimbulkanpermasalahan yang mengarahpadakebiasaanburuk, yang dikenaldengankebiasaannegatif. Untukmengubahkebiasaannegatiftersebutdapatdilakukanmelaluipelatihan. Kebiasaanmerupakanaktivitas yang dikerjakanspontandancenderungberulang. Ada tujuhkebiasaan yang paling efektifmenurut Covey: (1) jadilahproaktif, (2) merujukpadatujuanakhir, (3) dahulukan yang utama, (4) mengatasikonflik, (5) berusahamemahamiterlebihdahulu, barudipahami, (6) wujudkansinergi, dan (7) asahlahgergaji. Salah satuusaha yang dapatdilakukanuntukmengubahkebiasaannegatiftersebutadalahdenganmembuatpanduantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Stephen R. Covey bagisiswa SMP. Metodepelatihan yang digunakanyaitu model pembelajaranterstrukturatauStructured Learning Approach (SLA). Tujuanpelatihandanpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey bagisiswa SMP denganmenggunakan model pembelajaranStructured Learning Approach (SLA) yang memenuhiskalaakseptabilitas. Metode yang digunakanadalahmengadopsiprosedur Borg & Gall (1983) yang disusunmenjadi 3 tahap, yaitutahapperencanaan, tahappenyusunanproduk, dantahapujicobaproduk. Tahapperencanaanmengkajibahanpustakadenganmenganalisisberbagaifenomena yang ada di lapangandanmengkajiliteratur. Tahappenyusunanprodukmenghasilkanpanduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey danalatevaluasiprodukberupaskalaakseptabilitas yang diadopsidariHandarini (2000) yang telahdiujiverifikasiolehpembimbing. Tahapujicobaprodukkepadadua orang ahlibimbingandankonseling, dansatukonselor SMP sebagaicalonpenggunaproduk. Data kuantitatifdianalisismenggunakaninter-rater agreement, sedangkan data berupa saran secaratertulisdianalisissecaradeskriptif. Panduanpelatihaninitelahdiujikankepadaduaahlidansatucalonpenggunaprodukdenganhasilpenilaiansecarakeseluruhanpanduanpelatihaniniberguna, layak, tepat, danpatutuntukdigunakankonselordansiswa SMP. Panduaninidapatdigunakanolehkonselorsebagaipanduandalammemberikanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey kepadasiswa SMP. Panduanpelatihantujuhkebiasaan yang efektifmenurut Covey inidapatdilanjutkanpenelitiankuantitatif (eksperimen) untukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116766

Actions (login required)

View Item View Item