Keefektifan teknik photovoice untuk meningkatkan empati siswa SMP 45 Karanggeneng Lamongan / Alfrida Rezza Nafish

Nafish, Alfrida Rezza (2019) Keefektifan teknik photovoice untuk meningkatkan empati siswa SMP 45 Karanggeneng Lamongan / Alfrida Rezza Nafish. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nafish, Alfrida Rezza. 2019. Keefektifan Teknik Photovoice untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP 45 Karanggeneng Lamongan. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Teknik photovoice, Empati, Siswa SMP. Empati adalah suatu keadaan seseorang yang memiliki kepekaan diri atas kondisi atau keadaan pikiran orang lain dan mampu menyatakannya secara verbal ataupun dalam bentuk tingkah laku. Individu yang memiliki empati rendah akan memunculkan pemikiran pemerkosa, pembunuhan dan moral sosiopat. Fakta lapangan menunjukkan adanya sebagian remaja SMP yang memiliki empati rendah, dengan munculnya perilaku saling olok dalam pertemanan. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya suatu layanan untuk meningkatkan empati siswa. Strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan sikap empatik tersebut adalah photovoice. Namun teknik photovoice tersebut belum diketahui keefektifannya. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik photovoice untuk meningkatkan empati siswa SMP 45 Karanggeneng Lamongan. Penelitian eksperimen ini menggunakan model Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang memiliki empati rendah dan sedang. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman eksperimen sebagai panduan treatment dan angket untuk mengukur empati siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik non parametik uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan uji Wilcoxon diperoleh nilai beda z = -2,201 dan nilai Asymp Sig. (2-tailed sebesar 0,028). Nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (nilai asyimp.sig< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H&#9675; ditolak, dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik photovoice efektif untuk meningkatkan empati siswa kelas VIII SMP 45 Karanggeneng Lamongan. Saran untuk konselor sekolah yaitu agar dapat mengaplikasikan teknik photovoice dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan empati siswa SMP kelas VIII. Bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan desain penelitian yang berbeda. Kemudian peneliti selajutnya juga perlu menyusun pedoman observasi sebagai bahan penguat hasil penilaian atau pengamatan dalam proses treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116765

Actions (login required)

View Item View Item