Hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi siswa kelas X di SMK Negeri 2 Malang / Dwi Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi siswa kelas X di SMK Negeri 2 Malang / Dwi Setyorini

Setyorini, Dwi (2019) Hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi siswa kelas X di SMK Negeri 2 Malang / Dwi Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Setyorini Dwi. 2019. Hubungan Antara pola Asuh Demokratis dan Sikap Asertif dengan Resiliensi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. IM Hambali M.Pd (2) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata Kunci pola asuh demokratis sikap asertif resiliensi Banyak masalah yang dialami remaja dalam masa peralihan anak-anak menuju dewasa. Kekurang mampuan remaja dalam menyelesaikan berbagai masalah akan menimbulkan masalah-masalah baru dalam hidupnya. Kemampuan menyesuaikan diri siswa di sekolah sangat dibutuhkan. Siswa yang resilien akan mampu mengatasi keadaan-keadaan yang sulit dalam kegiatan belajarnya sedangkan siswa yang tidak resilien akan kurang mampu mengatasi keadaan-keadaan yang sulit dalam proses belajar di sekolah sehingga dapat mengganggu prestasinya. Sikap terbuka dalam mengungkapkan keinginan dan perasaan kepada orang lain disebut sikap asertif. Pada pelajar atau siswa tidak adanya sikap asertif akan merugikan proses belajarnya di sekolah salah satunya adalah motivasi belajarnya akan menurun. Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan anak sejak kecil hingga dewasa termasuk asertivitas dan resiliensinya. Pola asuh orang tua yang paling baik adalah pola asuh demokratis karena anak yang diasuh dengan pola ini akan menjadi anak yang mandiri dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan resiliensi siswa hubungan sikap asertif dengan resiliensi dan hubungan pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antarvariabel. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Pegambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling memperoleh jumlah 190 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji normalitas uji linieritas dan uji korelasi dengan rumus pearson product moment menggunakan SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pola asuh demokratis dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2-tailed 0 003 sikap asertif dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2 tailed 0 024 pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2 tailed 0 000 yang artinya ada hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116759

Actions (login required)

View Item View Item