Pengembangan panduan pelatihan emotional freedom technique untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP / Ginsa Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan emotional freedom technique untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP / Ginsa Kusumawati

Kusumawati, Ginsa (2019) Pengembangan panduan pelatihan emotional freedom technique untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP / Ginsa Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kusumawati Ginsa. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Emotional Freedom Technique untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci panduan pelatihan emotional freedom technique keterampilan mengelola emosi Masalah yang sering terjadi pada perkembangan remaja adalah perkembangan intelektual dan perkembangan emosional Mappiare (2001 9). Perkembangan emosional merupakan perkembangan yang ada pada diri setiap manusia dan perubahan emosi biasanya semakin cepat berkembang selama awal masa remaja. Remaja yang tidak dapat mengelola emosi dengan baik maka akan cenderung mengikuti hal-hal yang dilakukan kelompok sebayanya seperti memakai narkoba tawuran merokok yang mengakibatkan individu tidak memperdulikan perasaan mereka. Oleh karena itu penting bagi remaja untuk mengelola emosi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Konselor di SMP Laboratorium UM Malang belum memiliki panduan pelatihan EFT dan konselor belum pernah melakukan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan Emotional Freedom Technique yang berterima secara teoritis dan praktis agar dapat digunakan oleh konselor secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model prosedural penelitian dan pengembangan (Borg Gall 1983) yang terdiri dari 10 tahapan namun pada penelitian ini hanya sampai 5 tahapan yaitu melakukan observasi penyebaran need assesment dan wawancara selama penelitian berlangsung memvalidasi instrumen dan menyebarkan instrumen keterampilan mengelola emosi mengembangkan produk pengembangan yakni panduan pelatihan EFT dan LKS pelatihan EFT melakukan uji coba produk dan revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini terbagi menjadi dua yakni ahli bimbingan dan konseling (BK) dan ahli teknologi pendidikan (TEP) dan calon pengguna produk yang meliputi konselor sekolah dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala keterampilan mengelola emosi untuk siswa instrumen penilaian ahli instrumen penilaian konselor dan instrumen uji keterbacaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik rerata sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penilaian ahli materi bimbingan dan konseling I dan II diperoleh skor rata-rata 3 33. Hasil penilaian ahli media diperoleh nilai 3 98. Sedangkan dari penilaian calon pengguna produk diperoleh nilai 3 52. Berdasarkan penilaian ahli materi bimbingan dan konseling dan media dapat disimpulkan bahwa produk ini telah vii berterima secara teoritis selain itu juga telah berterima secara praktis oleh calon pengguna produk konselor dan siswa. Sehingga produk sangat layak sebagai panduan konselor untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi. Disarankan kepada konselor untuk menggunakan produk panduan emotional freedom technique karena sudah teruji secara teoritis dan praktis namun dalam penerapannya perlu kehati-hatian karena panduan emotional freedom technique belum teruji secara efektif. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menguji efektfitas produk melalui penelitian eksperimen. Saran untuk sekolah yakni pihak sekolah dapat memberikan kebijakan penambahan jam BK agar pelatihan EFT tersebut dapat berjalan efektif jika alokasi waktu memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116757

Actions (login required)

View Item View Item