Pengembangan panduan penyesuaian diri dengan model creative problem solving bagi siswa Sekolah Menengah Pertama / Wildah Al Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan penyesuaian diri dengan model creative problem solving bagi siswa Sekolah Menengah Pertama / Wildah Al Munawaroh

Al Munawaroh, Wildah (2019) Pengembangan panduan penyesuaian diri dengan model creative problem solving bagi siswa Sekolah Menengah Pertama / Wildah Al Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Munawaroh Wildah Al. 2019. Pengembangan Panduan Penyesuaian Diri dengan Model Creative Problem Solving bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbingan (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd (II) Djoko Budi Santoso S.Pd M.Pd. Kata kunci penyesuaian diri creative problem solving Penyesuaian diri remaja dimulai ketika remaja berada dijenjang sekolah menengah pertama. Hal ini karena pada jenjang SMP siswa berada pada usia masa remaja. Pada masa ini siswa mengalami berbagai perubahan yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai masalah sehingga dengan adanya perubahan tersebut siswa dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan sekolah meliputi penyesuaian diri terhadap guru siswa kurikulum dan lingkungan sekolah. Oleh karena itu agar siswa dapat menyesuikan diri dengan lingkungan sekolah dengan maksimal maka perlu dilakukan layanan bimbingan yang bertujuan membantu penyesuaian diri siswa dalam kegiatan tersebut. Untuk itu dikembangkan media dan model bimbingan berupa panduan penyesuaian diri dengan model creative problem solving yang telah diujikan pada ahli materi ahli media dan calon pengguna panduan. Penelitian menghasilkan dua produk yakni buku panduan untuk konselor dan buku panduan untuk konseli. Buku panduan disusun dengan acuan hasil analisis kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan karakteristik siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall menggunakan lima langkah pengembangan. Uji ahli terdiri dari uji ahli materi uji ahli media dan uji ahli calon pengguna (konselor). Analisis data penilaian dari uji ahli dianalisis dengan mencari rata-rata nilai. Saran kritik dan masukan uji ahli digunakan sebagai acuan revisi produk penelitian. Penelitian dan pengembangan dinilai untuk memenuhi kriteria keberterimaan dalam empat aspek yakni ketepatan kegunaan kemudahan kemenarikan. Dari hasil penilaian diperoleh hasil bahwa panduan tersebut telah memenuhi kriteria keberterimaan dengan rata-rata uji ahli materi panduan konselor (3 61) rata-rata uji ahli materi panduan siswa (3 64) rata-rata uji ahli media panduan konselor (3 71) dan rata-rata uji ahli media panduan konselor (3 75) sehingga panduan tersebut dinilai layak utuk digunakan baik konselor maupun siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116750

Actions (login required)

View Item View Item