Pengembangan sistem penilaian bahasa Arab berbasis portofolio di madrasah aliyah / Roni Tabroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem penilaian bahasa Arab berbasis portofolio di madrasah aliyah / Roni Tabroni

Roni (2010) Pengembangan sistem penilaian bahasa Arab berbasis portofolio di madrasah aliyah / Roni Tabroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Tabroni Roni. 2009. Pengembangan Penilaian Bahasa Arab Berbasis Portofolio di Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Hanik Mahliatussikah S.Ag M.Hum (2) Dra. Hj. Maslihah Kata kunci pengembangan penilaian bahasa arab portofolio MA Salah satu ciri kurikulum berbasis kompetensi adalah penilaian yang menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi. Salah satu bentuk evaluasi bahasa Arab yang dilakukan oleh guru sebagai bagian dari kurikulum berbasis kompetensi adalah sistem penilaian berbasis portofolio. Penilaian ini dapat memberikan informasi suatu penilaian kerja yang objektif dilihat dari perspektif hasil kinerja siswa yang sesungguhnya dan lebih terbuka karena siswa ikut menilai kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk (a) membuat produk penilaian bahasa Arab berbasis portofolio di MA dan (b) membuat langkah validasi produk portofolio yang telah dikembangkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di MAN Batu 2. Prosedur peneltian ini adalah (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis tujuan pembelajaran (3) studi pendahuluan (4) pengembangan alat evaluasi (5) produksi portofolio (6) validasi (7) revisi dan penyempurnaan. Hasil pengembangan ini diuji cobakan untuk mengetahui validitas portofolio melalui kegiatan uji ahli dan uji coba kelompok kecil. Uji ahli melibatkan subjek ahli yaitu 2 dosen jurusan Sastra Arab. Adapun uji coba kelompok kecil melibatkan 1 guru bahasa Arab MAN Batu 2 dan 6 orang siswa kelas XI Bahasa MAN Batu 2. Produk yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah format penilaian bahasa Arab berbasis portofolio. Format penilaian bahasa Arab berbasis portofolio yang telah dikembangkan terdiri atas (1) cover (sampul depan) (2) lembar identitas pemilik (3) daftar isi (4) kompetensi dasar dan indikator (5) tahapan penilaian berbasis portofolio yang terdiri atas tiga bab yaitu (a) As-syaab wal amal (b) Abu Bakar As-Shiddiq (c) Lukmanul Hakim. Masing-masing bab terdapat latihan soal ulangan harian dan pekerjaan rumah (6) jurnal belajar siswa (7) lembar catatan dan komentar guru dan (8) lembar penilaian diri oleh siswa. Penilaian portofolio tersebut dikemas dalam satu map. Berdasarkan hasil angket validasi diketahui tingkat validitas dari uji ahli adalah 66 3% (cukup valid) dan uji coba kelompok kecil adalah 87 5% (valid). Hal ini menunjukkan bahwa produk portofolio layak digunakan sebagai model penilaian untuk membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) pengembang lain diharapkan dapat lebih dikembangkan lagi tidak hanya disatu sekolah saja akan tetapi dibeberapa sekolah (2) siswa agar portofolio ini dijadikan sumber informasi autentik untuk melihat perkembangan belajarnya (3) guru bahasa Arab MAN 2 Batu agar produk portofolio ini dijadikan referensi dan salah satu variasi penilaian bahasa Arab bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item