Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran membaca teks bahasa Arab untuk siswa kelas X madrasah aliyah / Imani Rahajeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran membaca teks bahasa Arab untuk siswa kelas X madrasah aliyah / Imani Rahajeng

Imani (2010) Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran membaca teks bahasa Arab untuk siswa kelas X madrasah aliyah / Imani Rahajeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa asing. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan indera ganda (indera penglihatan dan indera pendengaran) dirasa akan menguntungkan bagi siswa karena pemerolehan siswa terhadap pesan atau materi pelajaran akan lebih maksimal (Arsyad 2002 9). Salah satu contoh media audiovisual adalah media berbasis komputer. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dan pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Oleh karena itu penelitian ini akan menghasilkan media CD interaktif yang digunakan untuk pembelajaran membaca teks bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan media (2) mendeskripsikan tampilan media (3) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media dan (4) mendeskripsikan prestasi siswa setelah menggunakan media. Model pengembangan media diadopsi dari langkah-langkah yang diutarakan Sadiman (1986 98) yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis kebutuhan (3) analisis tujuan pembelajaran (4) penyusunan naskah (5) pengembangan media (6) produksi prototype multimedia (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) validasi oleh ahli media dan ahli materi serta kelompok uji coba dan (9) revisi. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket ahli materi ahli media dan subjek penelitian. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli media ahli materi subjek penelitian hasil observasi dan hasil wawancara. Instrumen pengumpul data terdiri atas peneliti (human instrument) selaku instrumen utama dan didukung oleh instrumen pendukung yaitu angket untuk ahli media ahli materi dan siswa pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X.2 MA Al Maarif Singosari. Hasil pengembangan berupa media interaktif dalam bentuk kepingan CD untuk keterampilan membaca teks bahasa Arab bagi siswa MA kelas X semester gasal. Langkah-langkah pembuatan media CD interaktif adalah (1) menentukan materi latihan soal gambar dan animasi yang sesuai dengan tema dan merekam suara sebagai contoh pelafalan teks dan mufrodat (2) mendesain semua materi latihan soal gambar animasi dan suara ke dalam tampilan slide-slide dan kemudian di-link-kan sesuai dengan tombol-tombol yang ada (3) menambahkan lagu di awal dan akhir tampilan petunjuk penggunaan media dan profil pembuat media. Hasil data kuantitatif untuk tampilan dan langkah penggunaan adalah sebagai berikut (1) hasil validasi media sebesar 86 54% dan dikategorikan valid/tanpa revisi (2) hasil validasi materi sebesar 77 5% dan dikategorikan valid/tanpa revisi (3) hasil uji coba produk sebesar 84 58% dan dikategorikan valid/tanpa revisi. Hasil analisis data kualitatif untuk tampilan dan langkah penggunaan media adalah sebagai berikut (1) keakuratan pemberian harakat masih perlu diperhatikan (2) ketidaktepatan pemaknaan kata dalam teks dengan menggunakan gambar (3) ketidakjelasan tulisan dan suara pelafal teks (4) ketidakakuratan hyperlink antar slide. Sementara hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini adalah 85% atau 34 dari 40 siswa memperoleh nilai melebihi standar kelulusan sebesar 7 5 dengan rata-rata kelas 84 7. Dari hasil belajar siswa diketahui bahwa siswa cukup antusias mempelajari teks bahasa Arab dengan menggunakan media CD interaktif. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan 85% siswa kelas X.2 yang memperoleh nilai melebihi standar kelulusan mata pelajaran. Proses revisi dilakukan pada (1) kejelasan tulisan dan suara (2) ketepatan pemilihan gambar untuk pemaknaan kata (3) keakurasian harakat dan hyperlink dan (4) petunjuk penggunaan media. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media ini dikategorikan valid/tanpa revisi dengan penilaian 82 87%. Media ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk keterampilan membaca teks bahasa Arab. Namun seperti media pembelajaran pada umumnya kekurangan juga masih tampak dari pengembangan media ini. Kekurangan media terletak pada tampilannya yang masih sederhana dan juga tampilan suara serta film yang belum sempurna. Keterbatasan media ini terletak pada pengoperasiannya yang masih memerlukan seperangkat komputer yang memiliki software Arab agar tulisan dan suaranya tidak mengalami perubahan ketika digunakan. Sehingga diharapkan pengembangan media serupa dapat memaksimalkan penggunaan berbagai program agar desain tampilannya menjadi lebih menarik serta dapat digunakan untuk semua keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item