Pengembangan media VCD interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I / Maya Issama feminia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media VCD interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I / Maya Issama feminia

Maya Issama (2009) Pengembangan media VCD interaktif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I / Maya Issama feminia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Feminia Maya Issama. 2009. Pengembangan Media VCD Interaktif dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab bagi Siswa SMP/MTs Kelas VIII semester I. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd (II) Drs. Moh. Khasairi M.Pd Kata kunci media pembelajaran ketrampilan berbicara bahasa Arab. Minat dan motivasi siswa yang kurang dalam belajar menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurang berhasilnya proses belajar-mengajar bahasa Arab di SMP/MTs. Sehingga penting bagi guru untuk berupaya meningkatkan minat dan motivasi siswa. Salah satu upaya itu adalah melalui pengembangan media pembelajaran yang dibuat untuk memotivasi siswa dan membantu untuk memahami materi. Seiring perkembangan teknologi saat ini maka komputer pun bisa menjadi sarana untuk membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu media VCD interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media VCD interaktif untuk pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I (2) mengembangkan strategi penyampaian materi dan latihan-latihan dalam media VCD interaktif untuk pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I (3) mengembangkan penggunaan media VCD interaktif untuk pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I dan (4) mengukur kelayakan media pembelajaran VCD interaktif untuk pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama adalah pengembangan media pembelajaran VCD dan tahap kedua adalah uji kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran VCD. Pengembangan media VCD dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan yang disusun Sadiman yang terdiri dari penyusunan rancangan penulisan naskah produksi media dan evaluasi produk media. Pada penyusunan rancangan dilakukan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa perumusan tujuan pengembangan materi pembelajaran dan perumusan alat pengukur keberhasilan. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada para validator yaitu 2 dosen bahasa Arab di UM 1 guru bahasa Arab MTs Surya Buana Malang dan 10 siswa MTs Surya Buana Malang. Dari hasil pengisian angket didapatkan data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk data kualitatif dilakukan analisis isi yaitu analisis terhadap masukan tanggapan saran dan kritik yang didapatkan dari angket uji perorangan dan wawancara langsung dengan subyek uji validasi. Sedangkan untuk data kuantitatif yang didapat dari angket uji perorangan maka dilakukan analisis data dengan menggunakan rumus prosentase. Hasil pengembangan berupa VCD interaktif untuk pokok bahasan bagi siswa SMP/MTs kelas VIII semester I dengan durasi 26 menit 45 detik. Pembuatan media VCD interaktif ini menggunakan program Windows Movie Maker 6.0 dan Nero CD-burner. Dengan menggunakan program ii ini peneliti menyusun gambar foto video rekaman suara dan musik menjadi satukesatuan menjadi media pembelajaran yang membahas ketrampilan berbicara bahasa Arab dengan tema . Isi VCD interaktif ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian pembuka materi dan penutup. Pada bagian materi penyusunannya dipilah menjadi 3 bagian yaitu bagian mufrodat tarkib dan hiwar. Pembagian ini memiliki 3 tujuan yaitu agar siswa lebih mudah untuk fokus belajar pada 1 materi agar siswa dapat mempelajari materi dengan runtut dan agar pengguna VCD ini lebih mudah dalam memilih bagian materi mana yang akan dipelajari atau diulang. Dalam tiap-tiap pembahasannya menggunakan strategi pemaparan pengulangan dan latihan. Penggunaan VCD ini diarahkan sebagai media yang membantu guru ketika menyampaikan pelajaran dengan pokok bahasan .Sehingga bagian materi yang dipilah menjadi tiga bagian ini tidak ditontonkan kepada siswa secara berturut-turut melainkan materi bagian pertama disampaikan kemudian diberi penguatan oleh guru atau ditambah dengan latihan-latihan secara langsung setelah itu dilanjutkan pada pembahasan materi kedua demikian seterusnya. Media VCD yang sudah jadi kemudian diujikan untuk mengetahui tingkat kelayakan media ini sebagai media pembelajaran. Hasil uji kelayakan media oleh dosen guru dan siswa berupa data kuantitatif menunjukkan prosentasenya sebesar 75 5 %. Berdasarkan pedoman yang disusun oleh Arikunto prosentase 56% - 75% menunjukkan media tersebut cukup layak untuk menjadi media pembelajaran. Diantara masukan terhadap media ini bahwa latihan-latihannya masih dalam bentuk semi-komunikatif dan perlu ditingkatkan pada tahap komunikatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item