Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang II / oleh Dini Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang II / oleh Dini Rachmawati

Dini (2007) Kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang II / oleh Dini Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTR K RachmawatiD ini. 2002. KemampuanM embacs Pema.hsmsnB uku TeksB eheso 4rab SiswcKt elas 2 Madrasah Tsanawiy alNt egeri lv aktng1 L Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (l) Drs. Moh. Khusain M.P4 (2) Drs. H. Muhaiban. Kata Kunci kemampuan membaca buku teks bahasa Arab. Kemampuanb erbahasap enting dalam kehidupanm anusiay aitu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa asing menrpakan salah satu bahasa yang dipelajari di sekolah selain bahasa resmi dan daerah. Salah satu bahasa yang dipelajari di tingkat sekolah menengah adalah bahasa Arab. Terdapat empat aspek dalam berbahasas atu di antaranyaa dalahm embaca.P enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab sisr.vak elas 2 MadrasahT sanawiyahN egeri Malang lI besertaa spek-aspeknya yaitu (l) mengcnal makna kata (2) menemukan maksud kalimat (3) mcnemukan ide pokok dalam paragaf da- 1(4 ) menentukan tema wacana. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang II tanggal l1 sampai l8 mei 2002. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desknptif kuantitatif. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang baik maka dilakukan tes kepaCa sis a sampel dan r alancara dengan guru bidang studi bahasa Arab sebagai faktor pendukung. Adapun subjek penelitian ini adalah sisua kelas 2 Madrasah Tsanall iyah Negeri Malang ll be4umlah 97 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman buku teks bahasa Arab siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang II secara umnm sedang karena terdapat 62 88% siswa mendapat skor standar diatas 55. Sedangkank emampuans isrvad alam mengenalm akna kata tergolong sedangk arena terdapat 73 19% siswa mendapat skor standar di atas 5-5 kemampuan siswa dalam menemukan maksud kalimat tergolong rendah karena terdapat 56 7094 sisrva mendapat skor stander di a as 55 kemarnpuan siswa dalam menemukan ide pokok dalam prragraftergolong rendah karena terdapat 59 80% sisua mendapat skor standar di atas 55 dan kemampuan sisrva dalam menentukan tema vacana tergolong sedang karena terdapat69o 6 sisrva mendapat skor standar di aBs 55. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru bidang studi bahasa arab meningkatkan perhatiannya dalam pengajaran membaca pemahaman terutama menemukan maksud kalimat dan ide pokok dalam pragraf instansi terkait dapat membenkan saranad an prasaranay ang lebih memadai dalam menunjangp engajaran bahasa mahasiswa PPL Bahasa Arab dapat menguasai teknik pengajaran membaca sehingga siswa tertarik dengan materi pelajaran dan peneliti selanjutnya dapat melanjuthan penelitian mengenai korelasi lingkungan pendidikan dan pengaruhnya terhadap kemampuan berbahasa sis a.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item