Ta'limu al-lughoti al-Arabiyyah fi ma'hadi at-tazkiyatu ad-diniyyah Sombosari Thailand / Hikmat Abdurrohman

Abdurrohman, Hikmat (2016) Ta'limu al-lughoti al-Arabiyyah fi ma'hadi at-tazkiyatu ad-diniyyah Sombosari Thailand / Hikmat Abdurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdurochman, Hikmat. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab di MaÔÇÖhad At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Muhaiban, (II) Ali MaÔÇÖsum S.Pd., M.A. Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, MaÔÇÖhad At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Pembelajaran bahasa Arab di Selatan Thailand bermacam-macam dan berbeda dengan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, baik dalam segi kurikulum, perencanaan, desain, maupun dalam segi pelaksanaan pembelajarannya. Salah satu lembaga pendidikan yang terdapat pembelajaran bahasa Arab di Thailand Selatan adalah MaÔÇÖhad At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. MaÔÇÖhad ini berbeda dengan maÔÇÖhad yang tersebar di Indonesia, dilihat dari derajat pendidikan, pembelajaran, dankualifikasi guru PBA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Perencenaan PBA; (2) Pelakasanaan PBA; (3) Evaluasi PBA; (4) Kualifikasi guru; (5) Faktor pendukung dan penghambat PBA di MaÔÇÖhad At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart Thailand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MaÔÇÖhad At-Tazkiyah Ad-Diniyah Somboonsart yang terletak di desa Patai ปะแตkabupaten Jaha ยะหาprovinsi Yala ยะลา Thailand Selatan ภาษาไทยใต้. Data primer adalah data-data tentang perencanaan PBA, pelaksanaan PBA, evaluasi PBA, kualifikasi guru PBA, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PBA. Data sekunder adalah dokumen tentang profil MaÔÇÖhad, jadwal mengajar, materi pelajaran yang diambil dari buku catatan siswa, tugas-tugas siswa, dan soal-soal UTS dan UAS. Sumber datapenelitian diambil dari pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ditempuh dengan mengumpulkan data, pengorganisasian data, dan penentuan hasil penelitian. Teknik validasi data dilakukan dengan observasi secara terus menerus, diskusi dengan dosen pembimbing, dan pemeriksaan data. Hasil penelitian ini adalah bahwa perencanaan PBA dan Pelaksanaan PBA di MaÔÇÖhad ini perlu adanya perbaikan. Evaluasi PBA di MaÔÇÖhad ini dilaksanakan dengan pelbagai macam program, yaitu kegiatan-kegiatan evaluasi di dalam dan di luar kelas, UTS, dan UAS. Akan tetapi program-program ini masih perlu adanya perbaikan. Guru bahasa Arab terdiri atas tiga guru tetap dan dua guru pengganti. Faktor pendukung PBA di MaÔÇÖhad ini adalah: (1) Semua guru bahasa Arab di MaÔÇÖhad ini mahir dan menguasai empat kemahiran berbahasa (Mendengar, berbicara, membaca, dan menulis), dan gramatikal bahasa; (2) Terdapat pembelajaran ilmu-ilmu agama selain bahasa Arab dengan menggunakan kitab-kitab kuning yang dapat membantu belajar siswa khususnya dalam meningkatkan kemahiran dalam membaca. Faktor penghambat PBA di MaÔÇÖhad ini adalah: (1) Tidak adanya minat, suka, dan semangat yang kuat dalam diri mayoritas siswa dalam belajar bahasa Arab; (2) PBA di laksanakan hanya di kelas saja; (3) Kurikulum yang digunakan belum berbentuk dokumen, file, atau buku; (4) Kebanyakan guru bahasa Arab di MaÔÇÖhad ini lulusan dari jurusan tarbiyah bukan dari jurusan pendidikan bahasa Arab. oleh karena itu mereka yang bukan lulusan dari jurusan pendidikan bahasa Arab kurang memahami unsur-unsur penting dalam mengajar; (5) Guru bahasa Arab di MaÔÇÖhad ini tidak menggunakan buku teks dalam PBA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item