Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran materi Al'Adad dalam buku Al'Arabiyyah Baina Yadaik / Ridho Hanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran materi Al'Adad dalam buku Al'Arabiyyah Baina Yadaik / Ridho Hanafi

Hanafi, Ridho (2015) Pengembangan media CD interaktif untuk pembelajaran materi Al'Adad dalam buku Al'Arabiyyah Baina Yadaik / Ridho Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanafi Ridho. 2012. Pengembangan Media CD Interaktif Untuk Pembelajaran Materi Al Adad Dalam Buku Al Arabiyyah Baina Yadaik. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Muhaiban. Kata kunci CD interaktif al adad al arabiyyah baina yadaik. Perkembangan pesat dunia teknologi informasi dan komunikasi memacu adanya reformasi di berbagai bidang. Kebutuhan akan teknologi merambah seluruh aspek penting kehidupan manusia mulai dari ekonomi hingga pendidikan. Adanya kemajuan teknologi tersebut mendorong para praktisi pendidikan untuk mengembangkan perangkat maupun media pembelajaran yang dapat digunakan lebih luas dan memiliki nilai lebih dibanding perangkat maupun media pembelajaran konvensional. Dengan tuntutan zaman tersebut pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media berbasis teknologi diharapkan mampu memberikan solusi terutama dalam hal peningkatan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media CD Interaktif untuk pembelajaran bahasa Arab dengan materi al adad dalam buku Al Arabiyyah Baina Yadaik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Setelah uji validasi produk pengambilan dilakukan melalui uji lapangan yang dilaksanakan di MTs Al Irsyad Batu. Prosedur penelitian ini adalah (1) identifikasi kebutuhan (2) identifikasi materi al adad dalam buku al Arabiyyah Baina Yadaik (3) analisis produk yang akan dikembangkan (4) studi pendahuluan (5) pengembangan media pembelajaran (6) validasi (7) uji coba dan (8) revisi dan penyempurnaan. Teknik analisis data berupa data yang diperoleh pada tahap pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pengumpulan data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data prosentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci dan angket sebagai instrumen penunjang. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berupa produk CD interaktif. Produk tersebut dibuat dengan menggunakan berbagai program utama maupun penunjang. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi baik dari segi media maupun materi produk ini mencapai tingkat kevalidan 83 75% sedangkan dari uji coba lapangan produk ini mencapai tingkat kevalidan 84 08%. Dengan kata lain produk ini telah valid dan telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Di dalam produk CD interaktif tersebut disajikan materi berupa kunci mudah dan contoh penggunaan materi al adad dalam kalimat sederhana latihan interaktif dan game kuis materi al adad. Produk CD interaktif ini dapat dijalankan menggunakan berbagai perangkat komputer yang ada secara umum saat ini. Selain itu pula di bagian awal produk ini dijelaskan sasaran pengguna dan ketentuan-ketentuan penggunaan produk ini. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar produk CD interaktif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab bagi guru maupun siswa secara luas di berbagai institusi pendidikan. Dengan kelebihan produk yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja diharapkan terutama bagi para guru dapat berperan utama dalam memandu pembelajaran bahasa Arab menggunakan media ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item