Pelaksanaan pembelajaran mufradat pada kelas V MIN Tawanganom Magetan / Herera Farisha Ayu Nanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran mufradat pada kelas V MIN Tawanganom Magetan / Herera Farisha Ayu Nanda

Nanda, Herera Farisha Ayu (2013) Pelaksanaan pembelajaran mufradat pada kelas V MIN Tawanganom Magetan / Herera Farisha Ayu Nanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nanda Herera Farisha Ayu. 2013. Pembelajaran Mufadat pada Siswa Kelas V MIN Tawanganom Magetan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Syathibi Nawawi M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Mufrodat MI Bahasa Arab merupakan bahasa Asing di Indonesia. Bahasa Arab sudah diajarkan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan atau di SD. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tawanganom Magetan adalah salah satu MI yang juga mengajarkan bahasa Arab mulai kelas IV. Proses pengajaran bahasa Arab yang terkait dengan kurikulum ditentukan oleh Kementrian Agama. Pedoman pengajaran bahasa Arab harus mengacu pada pengajaran bahasa Asing. Adapun tujuan pengajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah (MI) adalah agar siswa dapat melakukan komunikasi sederhana dengan menggunakan bahasa Arab dan dapat memahami bacaan-bacaan sederhana dalam suatu wacana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan metode yang digunakan dalam pembelajaran mufradat oleh guru bahasa Arab di MIN Tawanganom Magetan (2) men-deskripsikan bahan ajar yang digunakan oleh guru bahasa Arab di MIN Tawanganom Magetan untuk pembelajaran mufradat (3) mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab di MIN Tawanganom Magetan dan (4) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran mufradat yang digunakan guru bahasa Arab di MIN Tawanganom Magetan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi wawancara penyebaran angket dan dokumentasi. Data-data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru bahasa Arab MIN Tawanganom cukup variatif dalam menggunakan metode pembelajaran mufradat yaitu metode audio lingual metode langsung metode gramatika terjemah dan metode ceramah. Teknik yang digunakan adalah dril kosakata teknik permainan teknik peragakan dan tanya jawab. (2) Materi pembelajaran dan bahan ajar mufradat dari CD Pembelajaran buku paket dan didukung dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Arab. (3) Guru mengajarkan mufradat dengan menggunakan media elektronik LCD peta konsep benda asli gambar dan kartu kata maupun kalimat. (4) Bentuk evaluasi pembelajaran mufradat dengan pola identification checking matching dan multiple choice yang dilaksanakan dalam empat sistem peniaian yaitu nilai hasil belajar (NHB) nilai uji kompetensi (UK) nilai tengah semester dan nilai akhir semester. Saran konstruktif untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab agar pembelajarannya lebih baik lagi adalah (1) guru hendaknya mencoba menggunakan variasi metode baru selain metode yang telah digunakan agar tidak monoton dengan metode-metode yang telah ada (2) guru hendaknya melengkapi media berbasis IT dan media berbentuk digital agar sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan dengan baik (3) guru hendaknya memperbanyak latihan menyimak agar siswa terbiasa mendengarkan ucapan penutur asli (4) guru hendaknya memberikan bimbingan intensif kepada siswa yang nilainya jauh di bawah SKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item