Pengembangan media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV / Wiwin Widiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV / Wiwin Widiyanti

Widiyanti, Wiwin (2013) Pengembangan media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV / Wiwin Widiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

widiyanti Wiwin. 2013. Pemgembangan Media CD Interaktif Teka-Teki Gambar dan Kata Pembelajaran Mufrodat Di Madrasah Ibtidaiyyah Kelas IV. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. H. Muhaiban. Kata kunci CD Interaktif Teka-teki gambar dan kata Pembelajaran. 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya cara dan strategi yang dapat memudahkan siswa dalam belajar. Hal ini adalah tugas seorang guru dalam mendidik dan memotivasi siswa agar dapat menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika belajar bahasa Arab. Hal itu disebabkan karena pembelajaran bahasa Arab yang monoton. Permasalahan ini dapat diatasi salah satu caranya dengan mengunakan bantuan media CD interaktif yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) membuat produk media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV (b) mendeskripsikan keefektifan produk media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV dan (c) mendeskripsikan model penggunaan media CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat di Madrasah Ibtidaiyyah kelas IV. 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan pengembangan. Adapun langkah-langkah penelitian media yang digunakan adalah sebagai berikut (1) mengidentifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3) mengembangkan materi pelajaran (4) memproses produksi (5) membuat petunjuk penggunaan petunjuk penggunaan (6) menvalidasi (7) merevisi (8) uji lapangan. 12288 12288 12288 Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa produk CD interaktif teka-teki gambar dan kata pembelajaran mufrodat untuk kelas IV MI. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi guru MI dan di ujicobakan pada siswa-siswi kelas IV MI YASPURI Merjosari Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa data hasil uji ahli materi ahli media guru dan data uji kelompok oleh siswa. Serta data kualitatif berupa saran validator yaitu ahli mediadan ahli materi. 12288 12288 12288 Adapun saran yang dapat dikemukakan yaitu diharapkan guru MI dapat menggunakan dan memanfaatkan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Selain itu bagi peneliti atau pengembang lain yang akan melanjutkan mengembangan media pembelajaran seperti ini atau semacamnya diharapkan dapat mengembangkan materi dengan menambahkan jumlah mufrodat pada tiap babnya atau temanya. Akan lebih baik lagi jika tampilan media tersebut dibuat lebih bervariasi dan menarik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item