Perbedaan pengaruh strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) lintas gaya belajar dan inteligensi terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa / Damajanti Kusuma Dewi

Dewi, Damajanti Kusuma (2020) Perbedaan pengaruh strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) lintas gaya belajar dan inteligensi terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa / Damajanti Kusuma Dewi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, D.K. (2018). Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran (Berbasis Masalah dan Berbasis Inkuiri) Lintas Gaya Belajar dan Inteligensi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Disertasi, Program Studi Psikologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A.; (2) Dr. Moh. Irtadji, M.Si., (3) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si Kata kunci : strategi pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, gaya belajar, inteligensi Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : 1) pengaruh strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuri) terhadap keterampilan bepikir kritis; 2) pengaruh gaya belajar (divergen dan convergen) terhadap keterampilan berpikir kritis; 3) pengaruh inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata) terhadap keterampilan berpikir kritis; 4) interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) dengan gaya belajar (divergen dan convergen) terhadap keterampilan berpikir kritis; 5) interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) dengan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata) terhadap keterampilan berpikir kritis; 6) interaksi pengaruh antara gaya belajar (divergen dan convergen) dengan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata) terhadap keterampilan berpikir kritis; dan 7) interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuri), gaya belajar (divergen dan convergen) dengan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata) terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu pretest-posttest non-equivalent control group design dengan eksperimen faktorial 2x2x3. Subjek penelitian di ambil melalui teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh 6 kelas. 3 kelas mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran berbasis masalah; sedangkan 3 kelas berikutnya mendapatkan perlakukan strategi pembelajaran berbasis inkuri. Masing-masing kelas mendapatkan perlakuan selama delapan kali pertemuan. Teknik analisis ancova 3 jalur digunakan untuk melihat pengaruh dari tiap faktor terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian membuktikan : 1) ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis; 2) ada pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis; 3) ada inteligensi terhadap keterampilan berpikir kritis; 4) ada interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) dengan gaya belajar (divergen dan convergen); 5) tidak ada interaksi pengaruh antara pengaruh strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri) dengan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata), dimana interaksi antara strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan inteligensi superior memberikan pengaruh yang paling besar dibandingkan interaksi yang lain; 6) ada interaksi pengaruh antara pengaruh gaya belajar (divergen dan convergen) dengan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata), dimana interaksi antara gaya belajar convergen dengan inteligensi superior memberikan pengaruh yang paling tinggi dibandingkan interaksi yang lain; dan 7) tidak ada interaksi pengaruh antara pengaruh strategi pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis inkuiri), gaya belajar (divergen dan convergen) dengan, dan inteligensi (superior, rata-rata atas dan rata-rata). Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dengan memahami cara peserta didik menerima informasi dan mengolah informasi serta memahami tingkatan potensi dasar yang dimiliki peserta didik, sehingga dapat memberikan tingkatan masalah sesuai kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115958

Actions (login required)

View Item View Item