Regulasi emosi guru ditinjau dari trait kepribadian, efikasi diri dan religiusitas / Rozi Sastra Purna - Repositori Universitas Negeri Malang

Regulasi emosi guru ditinjau dari trait kepribadian, efikasi diri dan religiusitas / Rozi Sastra Purna

Purna, Rozi Sastra (2019) Regulasi emosi guru ditinjau dari trait kepribadian, efikasi diri dan religiusitas / Rozi Sastra Purna. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rozi Sastra Purna. 2019. Regulasi Emosi Guru Ditinjau dari Trait Kepribadian Efikasi Diri dan Religiusitas. Pembimbing (I) Prof. Johana E. Prawitasari Ph.D. (II) Dr. Imanuel Hitipeuw MA. (III) Dr. Sudjiono M. Si. Kata kunci Regulasi emosi guru trait kepribadian efikasi diri religiusitas Regulasi emosi merupakan kemampuan untuk mengenal memonitor mengevaluasi respon emosi khususnya intensitas dan bentuk reaksinya dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan menemukan faktor yang paling memengaruhi regulasi emosi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memahami mekanisme regulasi emosi pada guru khususnya. Rancangan penelitian ini adalah causal relationship study. Sampel penelitian ini berjumlah 377 guru Sekolah Dasar Negeri se-kota Padang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu mengambil sampel dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan empat skala. Skala yang dipakai adalah regulasi emosi trait kepribadian efikasi diri dan religiusitas. Metode analisis data yang digunakan adalah partial least squares path modeling (PLS-PM) untuk menguji trait efikasi diri dan religiusitas terhadap regulasi emosi guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa trait efikasi dan religiusitas memengaruhi regulasi emosi guru. Secara keseluruhan model struktural yang diajukan telah mendapat dukungan empirik dalam penelitian. Evaluasi keseluruhan bagian perhitungan kecocokan model ini memberikan kesimpulan bahwa model hipotesis yang diajukan telah memiliki tingkat kecocokan model yang tinggi. Hasil penghitungan menunjukkan model penelitian ini memiliki kecocokan model yang cukup tinggi. Ketepatan model sebesar 67 1% menerangkan bahwa kontribusi model untuk menjelaskan hubungan struktural dari keempat variabel yang diteliti adalah sebesar 67 1% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terlibat dalam model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variasi efikasi diri yang dipengaruhi oleh trait sebesar 32 9% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Variasi religiusitas yang dijelaskan oleh trait sebesar 16 6% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Variasi regulasi emosi yang dijelaskan oleh trait efikasi diri dan religiusitas sebesar 41 3% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Bukti empiris tersebut menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diteliti memberikan pengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap regulasi emosi. Oleh sebab itu guru kepala sekolah dan pemerintah perlu memperhatikan faktor-faktor regulasi emosi guru. Deteksi atas faktor-faktor yang memengaruhi regulasi emosi guru akan memudahkan pengguna penelitian ini untuk menetapkan sasaran intervensi secara lebih spesifik dan strategi yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115957

Actions (login required)

View Item View Item