Pengaruh strategi pembelajaran multiple intelligences untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada mahasiswa psikologi / Sri Weni Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran multiple intelligences untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada mahasiswa psikologi / Sri Weni Utami

Utami, Sri Weni (2019) Pengaruh strategi pembelajaran multiple intelligences untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada mahasiswa psikologi / Sri Weni Utami. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sri Weni Utami. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal Pada Mahasiswa Psikologi Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. Immanuel Hitipeuw M.A. (III) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. Kata kunci strategi pembelajaran multiple intelligences kecerdasan interpersonal kecerdasan intrapersonal Profesi psikologi erat hubungannya dengan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal sehingga kecerdasan interpersonal dan intrapersonal diharapkan akan terbentuk selama proses pendidikan dalam bentuk tatap muka kurikulum latihan dan praktek lapangan. Tujuan penelitian ini mengetahui apakah strategi pembelajaran Multiple Inteligences berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan eksperimen Untreated Control Group Design with Dependent Pretest and Postest Samples using Switching Replications. Subyek penelitian 54 mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2017. Treament yang diterapkan adalah strategi pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw untuk kecerdasan interpersonal dan One Minute Reflection untuk kecerdasan intrapersonal. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket terbuka kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal yang menggunakani koefisien Validitas Isi-Aiken s V dan Reliabilitas Cronbach Alpha pada angket terbuka kecerdasan Interpersonal 0.746 dan kecerdasan Intrapersonal 0.626. Uji statistik untuk hipotesa penelitian menggunakan (a). Analysis of Variance (Anova) on the gain scores (b). Analysis of covariance (ancova) (c). Anova on residual scores and (d). Repeated measures anova. Hasil penelitian menunjukkan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences dengan Cooperative Learning dan One Minute Reflection berpengaruh secara signifikan (F 3 220 p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115956

Actions (login required)

View Item View Item