Model student engagement ditinjau dari iklim sekolah, parental involvement, self-efficacy dan motivasi akademik siswa SMPN Kota Malang / Muallifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Model student engagement ditinjau dari iklim sekolah, parental involvement, self-efficacy dan motivasi akademik siswa SMPN Kota Malang / Muallifah

Muallifah (2019) Model student engagement ditinjau dari iklim sekolah, parental involvement, self-efficacy dan motivasi akademik siswa SMPN Kota Malang / Muallifah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muallifah. 2019. Model Student Engagement Ditinjau dari Iklim Sekolah Parental Involvement Self-efficacy dan Motivasi AkademikSiswa SMPN Kota Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Marthen Pali M. Psi. (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. (III) Dr. Sudjiono M. Si. Kata Kunci student engagement iklim sekolah parental involvement self-efficacy dan motivasi akademik. Student engagement merupakan bentuk keterlibatan siswa di sekolah yang dapat dilihat melalui keterlibatan emosional (emotional engagement) kognitif (cognitive engagement) prilaku (behavioral engagement) mengarah pada usaha siswa untuk meningkatkan kualitas diri. Tujuan penelitian ini untuk menguji model teoritik student engagement dan menjelaskan pengaruh antar konstruk yang ada dalam model. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan expost facto dengan tipe causal relationship study dengan sampel 265 siswa SMPN kota Malang yang dipilih melalui cluster random sampling. Data diambil melalui 5 kuesioner yang semuanya memiliki nilai unidimensionalitas konstruk (GFI) lebih besar dari 0 900 dan reliabilitas Alpha Cronbach lebih besar dari nilai 0 700. Lima kuesioner tersebut adalah student engagement iklim sekolah parental involvement self-efficacy dan motivasi akademik. Analisis data dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model struktural sudah layak (GFI 0 944 0 900) dan mendapat dukungan empiris ( 967 133 011 137 701 dengan nilai p 0 059 0 050). Iklim sekolah dan motivasi akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap student engagement.Parental involvement dan self-efficacy masing-masing tidak berpengaruh terhadap student engagement tetapi melalui mediasimotivasi akademik ke student engagement. Sementara Iklim sekolah parental involvement dan self-efficacy masing-masing berpengaruh terhadap motivasi akademik. Pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi akademik paling besar di antara yang lainnya. Temuan penelitian dibahas dan didiskusikan melalui sudut pandang teori sosial kognitif (cognitive social theory) goal orientation theory dan teori kognitif. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini menyarankan agar (1) pimpinan sekolah hendaknya menciptakan iklim sekolah dengan membentuk sistem dan peraturan sekolah yang mampu mendukung kondisi nyaman dan aman bagi siswa dalam proses pembelajaran (2) guru memberikan perhatian dan pendampingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar menerapkan konsep pengajaran yang menyenangkan bersikap ramah memotivasi siswa ketika memulai pelajaran mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran (3) orangtua ikut mendampingi siswa menyelesaikan tugas di rumah serta menjalin komunikasi dan kerjasama yang intensif dengan sekolah dalam mengawasi perkembangan dan kemajuan siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115955

Actions (login required)

View Item View Item