Pengaruh metode cosimple pada sikap empati mahasiswa theologia / Rini Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode cosimple pada sikap empati mahasiswa theologia / Rini Handayani

Handayani, Rini (2019) Pengaruh metode cosimple pada sikap empati mahasiswa theologia / Rini Handayani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Rini. 2019. Pengaruh Metode COSIMPLE pada Sikap Empati Mahasiswa Tehologia. Pembimbing (I) Prof. Johana E. Prawitasari M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (III) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd. Kata Kunci empati Contextual Teaching and Learning (CTL) Social Emotional Competence (SEC) Konseling Pastoral. Sikap empati berarti melakukan sebuah tindakan bagi orang lain berdasarkan kesadaran untuk memahami situasi orang lain. Kesadaran munculnya tindakan peduli pada orang lain mampu dilakukan seseorang ketika aspek afektif mulai bekerja untuk ikut merasakan situasi orang lain. Selanjutnya aspek afektif itu diolah secara kognitif sehingga mendorong seseorang untuk menemukan tindakan untuk melakukan sesuatu bagi orang lain. Aspek afektif dan kognitif inilah yang kemudian diolah mendorong aspek komunikatif yaitu tindakan nyata yang dilakukan kepada orang lain sebagai bentuk sikap empati. Demikianlah ketiga aspek ini perlu bekerja secara terintegrasi sehingga memunculkan sikap empati. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh sikap empati mahasiswa Teologi. Upaya pengukuran sikap empati mahasiswa dilakukan dengan metode COSIMPLE. Metode COSIMPLE adalah sebuah metode pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasiskan teori Social Emotional Competence (SEC). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental one group pre-post design dengan cara penghitungan t-test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fakultas Theologia. Sedangkan sampel penelitian adalah 60 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Konseling Pastoral. Hasildaripenelitianiniadalah ada perbedaan yang signifikanpadanilai total skorsikapempatiantarasaatsebelum (pre test) dansesudahdiberikanmetode COSIMPLE (post test). Hal inidapatdiukurdaritotal skorsikapempatipadasaatsebelumdiberikanmetode COSIMPLE (pre test) sebesar 112.12 lebihrendahdaripadanilai total skorsikapempatipadasaatsesudahdiberikanmetode COSIMPLE (post test) sebesar 121.67. Adapundari hasil uji paired sample t test untuk perbandingan antara nilai total skorsikapempatipadasaatsebelum (pre test) dansesudahdiberikanmetode COSIMPLE (post test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.001 yang lebihkecildari alpha 0.05 (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115954

Actions (login required)

View Item View Item