Problematika mahasiswa input non pesantren dan non aliyah dalam belajar bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Triwahyudi Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika mahasiswa input non pesantren dan non aliyah dalam belajar bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Triwahyudi Wibowo

Wibowo, Triwahyudi (2013) Problematika mahasiswa input non pesantren dan non aliyah dalam belajar bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Triwahyudi Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hambatan permasalahan belajar. Dalam pembelajaran perlu diperhatikan latar belakang peserta didik. Dalam pembelajaran bahasa Arab tidak semua peserta didik memiliki latar belakang Bahasa Arab. Salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu pembelajaran adalah keserasian atau keselarasan disiplin ilmu yang ditempuhnya. Namun demikian tidaklah semua peserta didik dapat menempuh pendidikan yang selalu sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Universitas Negeri Malang adalah lembaga pendidikan tinggi yang mengembangkan pembelajaran bahasa Arab. Tujuan umum penelitian ini untuk memperoleh informasi ilmiah tentang hambatan belajar yang dihadapi mahasiswa input non Pesantren dan non Aliyah dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) hambatan internal Mahasiswa dalam belajar bahasa Arab (2) hambatan eksternal mahasiswa dalam belajar bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang input non Pesantren dan non Aliyah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara angket. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (a) pengumpulan data (b) penyajian data (c) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar yang dihadapi mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang ada 2 yaitu (1) hambatan internal meliputi (a). Kepercayaan diri mahasiswa dalam belajar bahasa Arab sangatlah tinggi (80%) merasa mampu menyelesaikan studi dan bersaing dengan masukan dari aliah dan pesantren. (b). metode belajar bahasa Arab yang sesuai (90%) menerapkan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan mereka (c). Motivasi memilih jurusan sastra Arab ada 3 motivasi terbesar yang mendorong mahasiswa memilih jurusan ini yaitu 60% atas kemauan sendiri 30% karena ikut teman dan 10% karena dipaksa orang tua. (2) Hambatan eksternal meliputi (a) Tingkat kesukaran materi ajar yang dirasakan oleh 10% mahasiswa (b) Faktor penghambat belajar dari beberapa faktor di antaranya adalah sebagai berikut 56% rasa malas 43% kesulitan membagi waktu dan 35% merasa kalah bersaing dengan teman (c) Kondisi lingkungan belajar bahasa Arab yang mendukung pembelajaran namun di Jurusan mahasiswa masih merasakan adanya kekurang nyamanan yang didukung oleh 65% mahasiswa (d) Kondisi ekonomi mahasiswa yang sebagian besar adalah dari keluarga yang berlatar belakang pendidikan SMA atau sederajat (40%) yang berlatar belakang pendidikan sampai SMP (30%) yang berlatar belakang perguruan tinggi 20% dan yang berlatar belakang SD 10% sedangkan dari sisi pekerjaan adalah 35% sebagai PNS 35% berikut adalah pensiunan PNS dan 20% berprofesi sebagai wiraswasta serta 10% sebagai pengajar di sekolah swasta. Serta penghasilan orang tua yang bervariasi karena memiliki pekerjaan sampingan yang bermacam-macam diperoleh data sebagai berikut 80% berpenghasilan sedang 10% berpenghasilan tinggi dan 10% berpenghasilan rendah. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian tersebut adalah hambatan internal mahasiswa dalam belajar bahasa Arab sebagian besar mampu diatasi oleh mahasiswa namun perlu adanya bimbingan kepada mahasiswa yang masih kesulitan mengatasi masalah yang dihadapi. Sedangkan dari hambatan eksternal perlu adanya kerja sama antara mahasiswa dengan beberapa pihak di sekitar mahasiswa agar mereka mampu keluar dari hambatan tersebut. Dari hasil penelitian tersebut masukan yang bisa di sampaikan peneliti adalah (1). Perlunya mahasiswa input dari non pesantren dan non aliah untuk lebih memotivasi diri. (2). Adanya kerja sama input mahasiswa input dari pesantren dan aliah dengan mahasiswa input non pesantren dan non aliah dalam mencari metodebelajar yang tepat. (3). Adanya komunikasi yang lancar antara dosen dan mahasiswa agar kebijakan dosen bisa diterima mahasiswa dengan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item