Penerapan metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Hidayah Wajak Malang / Elmy Dwi Andarini

Andarini, Elmy Dwi (2012) Penerapan metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan pemahaman kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Hidayah Wajak Malang / Elmy Dwi Andarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Penerapan, Kosa Kata, Total Physical Response (TPR). Berdasarkan data-data observasi awal/kajian awal diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran terutama pembelajaran kosa kata (mufrada:t) yang teramati oleh observer (peneliti) pada waktu itu adalah guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk menghafalkan kosa kata (mufrada:t) yang ada di Lembar Kompetensi Siswa (LKS). Sebagian besar siswa mengeluh ketika guru memerintahkan mereka untuk menghafalkan beberapa kosa kata berkaitan dengan tema yang akan diajarkan pada hari itu. Selanjutnya, siswa yang disebut namanya oleh guru diminta untuk maju ke depan kelas untuk setoran hafalan kosa kata yang telah mereka hafalkan sebelumnya. Kegiatan belajar siswa yang dapat disimpulkan oleh peneliti pada saat observasi awal yaitu hafalan kosa kata, setoran hafalan kepada guru, dan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Sementara itu, berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa, mereka mengatakan bahwa mereka bosan dan jenuh dengan metode yang diterapkan oleh guru bahasa Arab. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Total Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response (TPR) merupakan suatu metode pembelajaran bahasa yang menggunakan perintah-perintah lisan yang harus dilakukan siswa agar dapat menunjukkan pemahaman mereka terhadap maksud dari perintah-perintah lisan itu (Ghazali, 2010:96). Guru memberikan contoh gerakan atau tindakan yang diperintahkan itu sehingga siswa secara tidak langsung mendapatkan struktur tatabahasa dan kosa kata dari bahasa target. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Hidayah Wajak, dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI MI Al-Hidayah Wajak melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang dipakai adalah nilai rata-rata masing-masing siklus. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 76,5 dan pada siklus II mencapai 85,4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI MI AL-Hidayah Wajak Malang telah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (2) pemahaman kosa kata bahasa Arab yang dinyatakan dengan hasil belajar siswa kelas VI MI Al-Hidayah Wajak Malang melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR) meningkat dari 76,5 (siklus I) menjadi 85,4 (siklus II). Saran-saran yang dikemukakan berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) bagi jurusan, hendaknya menyarankan kepada mahasiswa agar mengadakan penelitian dengan menerapkan metode TPR, (2) bagi guru, hendaknya guru menyebarluaskan metode TPR ini kepada pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, (3) bagi sekolah, hendaknya sekolah mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan dengan tema tentang kebahasaan terutama yang berkaitan dengan metode TPR, dan (4) bagi peneliti yang akan datang, hendaknya melakukan penelitian kebahasaan dengan tema yang lain dengan menggunakan metode TPR sebagai metode pengajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item