Pengembangan bahan ajar pengantar demografi dan efektifitasnya terhadap hasil belajar / Suwito

Suwito (2020) Pengembangan bahan ajar pengantar demografi dan efektifitasnya terhadap hasil belajar / Suwito. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suwito. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Pengantar Demografi dan Efektivitasnya Terhadap Hasil Belajar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Promotor: (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos., (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si., (III) Dr. Budi Handoyo, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Pengantar Demografi, Hasil Belajar Bahan ajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, namun bahan ajar demografi yang biasa digunakan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Geografi masih memiliki beberapa kekurangan, antara lain: kurang informatif dan sulit dipahami; belum memuat kegiatan yang mengarahkan pembentukan skill dalam membantu mahasiswa melakukan eksplorasi; belum memperhatikan kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, dan penyajian gambar; belum bisa memotivasi mahasiswa secara mandiri. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar demografi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pengantar demografi serta mengetahui efektivitasnya terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dan kuasi eksperimen. Kegiatan pengembangan bahan ajar menggunakan modifikasi model Borg and Gall melalui tahapan sebagai berikut. (1) Penelitian dan pengumpulan informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan format produk awal; (4) Uji coba awal; (5) Perbaikan produk utama; (6) Uji coba produk utama; (7) Perbaikan produk operasional. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar semua responden, baik dari validator ahli materi/isi, bahasa, dan rancangan pembelajaran atau subjek uji coba. Data kuantitatif diperoleh dari tiga sumber, yaitu skor tanggapan validator ahli, skor tanggapan uji coba, dan skor jawaban mahasiswa untuk mengetahui tingkat pemahaman bahan ajar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari: angket, tes, panduan observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian pendahuluan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang didukung angket. Data kuantitatif dinalisis dengan teknik analisis deskripsif kuantitatif. Subjek penelitian kuasi eksperimen adalah mahasiswa semester 3 offering K (kelas eksperimen) dan L (kelas kontrol) angkatan 2017/2018. Perlakuan yang diperoleh kelas ekperimen adalah pembelajaran dengan model learning cycle 5E berbantuan bahan ajar pengantar demografi yang telah dikembangkan sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran tradisional berbantuan bahan ajar yang biasa digunakan. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai berjumlah 5 soal uraian. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif yaitu nilai pretest, nilai post test dan gain score mahasiswa. Data dianalisis dengan metode statistik inferensial menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan software SPSS 16. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa bahan ajar pengantar demografi yang dinilai valid oleh para ahli dan mendapat respon positif dari mahasiswa maupun pendidik Ahli materi menyatakan bahan ajar valid dengan persentase 88%, artinya bahan ajar pengantar demografi sudah informatif dan mudah dipahami. Ahli rancangan pembelajaran menyatakan produk valid dengan persentase 87%, artinya bahan ajar pengantar demografi telah memuat kegiatan yang mampu mengarahkan pembentukan skill mahasiswa ketika melakukan eksplorasi. Ahli bahasa menyatakan produk valid dengan persentase 83%, artinya bahan ajar pengantar demografi telah memperhatikan kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, dan penyajian gambar. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan mahasiswa merespon positif bahan ajar dengan persentase 75%. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan mahasiswa merespon positif bahan ajar dengan persentese 82%, pendidik juga merespon positif bahan ajar dengan persentase 87%, artinya bahan ajar pengantar demografi mampu memotivasi atau mendorong mahasiswa dalam mempelajari materi secara mandiri. Hasil kuasi eksperimen menunjukkan nilai p = 0,00 sehingga terdapat efektivitas yang signifikan dalam penggunaan bahan ajar pengantar demografi terhadap hasil belajar mahasiswa. Secara umum semua responden sudah menerima kelayakan bahan ajar dengan klasifikasi baik atau tidak perlu revisi. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar demografi terbukti efektif dan layak digunakan oleh mahasiswa secara efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115914

Actions (login required)

View Item View Item