Pengembangan e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar

Mardasari, Octi Rjeky and Ventivani, Aiga and Muyassaroh, Lukluk Ul (2021) Pengembangan e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar. In: SELASAR 5 SEMINAR NASIONAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA 5, 12 Juni 2021, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

[img] Text
S5M0010-PENGEMBANGAN-E-MODUL-INTERAKTIF-SEJARAH-KESUSASTRAAN-TIONGKOK-SEBAGAI-ALTERNATIF-MEDIA-PEMBELAJARAN-DARING-UNTUK-MENDUKUNG-KEMANDIRIAN-BELAJAR.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah E-Modul interaktif Sejarah Kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan R2D2 (recursive, reflective, design, and development). Hasil pada tahap recursive (Identifikasi kebutuhan) menunjukkan bahwa 97,6% lebih tertarik perkuliahan sejarah kesusastraan Tiongkok yang menggunakan e-modul interaktif yang memungkinkan belajar mandiri. Hasil tahap reflective, yaitu tahap mencermati ulang yang menghasilkan gambaran utuh pemetaan materi pembelajaran. Tahap design merupakan tahap perancangan draft awal e-modul interaktif dengan sistematika: Pendahuluan, Kegiatan Belajar 1 Kesusastraan Tiongkok Klasik, Kegiatan Belajar 2 Kesusastraan Tiongkok Pertengahan/Modern, Kegiatan Belajar 3 Kesusastraan Tiongkok Kontemporer yang pada setiap kegiatan belajar memiliki glosarium, instruksi pembelajaran, rangkuman, tes formatif dan kunci jawaban dan evaluasi. Tahap develop (pengembangan), yaitu tahap terbentuknya draft e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok. Selanjutnya E-modul tersebut divalidasi oleh ahli dan diuji coba secara terbatas. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menyatakan produk ini layak dan baik digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba pada mahasiswa secara terbatas diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 3.30, yang berarti bahwa mahasiswa secara terbatas menilai e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok adalah baik dan dapat mendukung kemandirian belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > Prosiding Departemen Sastra Jerman
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:37
Last Modified: 22 Jun 2023 07:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item