Pengembangan model laboratorium pendidikan ekonomi / Leny Noviani

Noviani, Leny (2019) Pengembangan model laboratorium pendidikan ekonomi / Leny Noviani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Leny Noviani, 2019. Pengembangan Model Laboratorium Pendidikan Ekonomi. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., MA., M.Si., (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A, M.M., (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci: laboratorium pendidikan ekonomi, simulasi produksi, produksi media visual, efektivitas pemanfaatan laboratorium. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah laboratorium. Laboratorium diperlukan setiap program studi di perguruan tinggi untuk menunjang capaian pembelajaran, termasuk program studi pendidikan ekonomi. Laboratorium pendidikan ekonomi sebagai sumber belajar ditujukan untuk menunjang kompetensi lulusan program studi pendidikan ekonomi yaitu membekali lulusannya menjadi calon guru ekonomi yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan model laboratorium pendidikan ekonomi dan 2) mengetahui efektivitas prototipe pemanfaatan laboratorium pendidikan ekonomi yang dikembangkan di FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain ujicoba produk menggunakan penelitian tindakan. Penelitian tindakan digunakan untuk memperoleh model laboratorium pendidikan ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan. Uji coba dilakukan melalui kegiatan praktikum pada mata kuliah mikro ekonomi dan mata kuliah media pembelajaran. Subyek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas untuk mata kuliah mikro ekonomi, 2 kelas untuk mata kuliah media pembelajaran, 2 orang dosen, kepala program studi, kepala laboratorium, dan asisten laboratorium pendidikan ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) lembar observasi, 2) angket, 3) pedoman wawancara, 4) analisis dokumen, 5) catatan diskusi terfokus, dan 6) tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Efektivitas pemanfaatan laboratorium pendidikan ekonomi diukur dari indikator input, proses, dan output berdasarkan persepsi mahasiswa setelah menggunakan laboratorium pendidikan ekonomi. Model laboratorium pendidikan ekonomi yang dikembangkan meliputi 5 aspek yaitu 1) tujuan laboratorium, 2) sarana dan prasarana laboratorium, 3) personal, 4) kegiatan laboratorium, dan 5) pengelolaan laboratorium. Tujuan laboratorium pendidikan ekonomi adalah menjadi sumber belajar untuk mendalami konsep ilmu ekonomi dan meningkatkan kompetensi pedagogi mahasiswa. Sarana dan prasarana laboratorium meliputi penataan ruang, kelengkapan alat dan bahan, dan analisis kebutuhan alat dan bahan praktikum. Personal meliputi semua sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan laboratorium pendidikan ekonomi. Kegiatan laboratorium yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kegiatan praktikum untuk membuktikan suatu konsep/teori produksi. Praktikum juga ditujukan untuk melatihkan kemampuan pedagogi mahasiswa dalam membuat media pembelajaran. Prosedur praktikum di laboratorium tidak dapat digeneralisasikan untuk semua mata kuliah karena karateristik setiap mata kuliah berbeda. Dalam penelitian ini disajikan tahapan praktikum untuk mata kuliah ekonomi mikro khususnya materi produksi yaitu: (1) pendahuluan, (2) pengajuan pertanyaan, (3) pembuktian, (4) pengelaborasian, (5) diskusi dan pembahasan, (6) penutup. Sedangkan prosedur praktikum mata kuliah media pembelajaran pada materi media visual terdiri dari 7 tahapan: (1) pendahuluan, (2) orientasi tugas, (3) produksi media, (4) review produk, (5) revisi produk, (6) diskusi dan pembahasan, (7) penutup. Aspek terakhir adalah pengelolaan laboratorium yang meliputi penyimpanan, penggunaan, peminjaman dan perbaikan sarana prasarana laboratorium. Berdasarkan persepsi mahasiswa setelah memanfaatkan laboratorium pendidikan ekonomi, menunjukkan bahwa laboratorium pendidikan ekonomi efektif sebagai sumber belajar untuk mendalami konsep ilmu ekonomi dan meningkatkan kemampuan pedagogi mahasiswa. (1) Indikator input menunjukkan bahwa 83.88% mahasiswa memanfaatkan laboratorium untuk meningkatkan: (a) pemahaman konsep dan (b) keterampilan pedagogi. Fasilitas laboratorium digunakan secara efektif sebesar 78.78% dalam menunjang perkuliahan. (2) Indikator proses menunjukkan bahwa prosedur penggunaan alat dan bahan di laboratorium mudah dilaksanakan, yaitu rata-rata sebesar 82.56%. Laboratorium pendidikan ekonomi belum dapat melayani mahasiswa setiap waktu diluar jadwal praktikum yang telah ditetapkan program studi. (3) Indikator output dapat dilihat dari nilai penguasaan konsep yang selalu meningkat, pemanfaatan laboratorium efektif menumbuhkan sikap ilmiah mahasiswa setelah melakukan kegiatan simulasi produksi. Kemampuan mahasiswa dalam memproduksi media pembelajaran termasuk kategori baik. pemanfaatan laboratorium pendidikan ekonomi efektif menumbuhkan komitmen mahasiswa dalam meningkatkan kinerja melalui kegiatan di laboratorium sebesar 79.19 % efektif menumbuhkan komitmen dalam meningkatkan kinerja mahasiswa. Berdasarkan pendapat mahasiswa, pemanfaatan laboratorium pendidikan ekonomi memberikan inspirasi bagi mahasiswa dalam mengembangkan laboratorium di sekolah apabila mereka menjadi guru. Selain itu, kegiatan praktikum di laboratorium memberikan gambaran untuk mengembangkan pembelajaran ekonomi di sekolah ketika mereka praktik maupun mengajar di sekolah. Secara keseluruhan, pemanfaatan laboratorium pendidikan ekonomi efektif sebagai sumber belajar untuk memahami konsep ekonomi dan meningkatkan kemampuan pedagogi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. ABSTRACT Leny Noviani, 2019. The Development of Economic Education Laboratory Model. Dissertation, Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., MA., M.Sc., (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A, M.M., (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Keywords: economic education laboratory, production simulation, visual media production, effectiveness of laboratory use. One of the factors that influence the success of learning is adequate facilities and infrastructure, one of which is a laboratory. Laboratories are needed for each study program in universities to support learning outcomes, including economic education study programs. The economics education laboratory as a learning resource is intended to support the competence of graduates of economic education study programs, namely to equip graduates to become professional economic teacher candidates. The purpose of this study was to: 1) develop an economic education laboratory and 2) find out the effectiveness of the use of economic education laboratories in UNS FKIP. This research is a development research. Product trial design uses action research. Action research is used to obtain an economic education laboratory model that suits the needs. Trials are carried out through practical activities in microeconomics courses and learning media courses. The trial subjects in this study consisted of 3 classes for microeconomics courses, 2 classes for learning media courses, 2 lecturers, head of study programs, head of the laboratory, and economic education laboratory assistants. Data collection techniques used: 1) observation sheet, 2) questionnaire, 3) interview guide, 4) analysis of documents, 5) focused discussion notes, and 6) tests. The data analysis technique uses quantitative and qualitative analysis. The effectiveness of the use of economic education laboratories is measured from input, process, and output indicators based on student perceptions after using the economic education laboratory. The economic education laboratory model developed includes 4 aspects, namely 1) laboratory objectives, 2) laboratory facilities and infrastructure, 3) personal, 4) laboratory activities, and 5) laboratory management. The aim of the economics education laboratory is to become a learning resource to explore the concepts of economics and improve student pedagogical abilities. Laboratory facilities and infrastructure include spatial planning, completeness of tools and materials, and analysis of the needs of lab tools and materials. Personal includes all human resources involved in economic education laboratory activities. The laboratory activities referred to in this study are practical activities to prove a production concept / theory. Practicum is also intended to train students' pedagogical skills in making learning media. Practical procedures in the laboratory cannot be generalized to all courses because the characteristics of each course are different. In this research, practicum stages are presented for microeconomic courses, especially production material, namely: (1) introduction, (2) submission of questions, (3) verification, (4) elaboration, (5) discussion, and (6) closing. While the practicum procedure for learning media courses on visual media material consists of 7 stages: (1) introduction, (2) task orientation, (3) media production, (4) product review, (5) product revision, (6) discussion and discussion, (7) closing. The last aspect is the management of laboratories which include the storage, use, borrowing and repair of laboratory infrastructure. Based on the perceptions of students after utilizing the economics education laboratory, it shows that the economics education laboratory is effective as a learning resource to explore the concepts of economics and improve students' pedagogical abilities. Input indicators show that 83.88% of students use laboratories to improve understanding of concepts and pedagogical skills. Laboratory facilities are used effectively at 78.78% in supporting lectures. Process indicators show that the procedure for using tools and materials in the laboratory is easy to implement, which has an average of 82.56%. The economic education laboratory has not been able to serve students every time outside the practicum schedule set by the study program. Output indicators can be seen from the value of mastery of concepts that are always increasing, the use of laboratories effectively fosters the scientific attitude of students after conducting production simulation activities. The ability of students to produce learning media includes good categories. the effective utilization of economic education laboratories fosters student commitment in improving performance through 79.19% of activities in the laboratory to effectively foster commitment in improving student performance. Overall, the utilization of economic education laboratories is effective as a learning resource for understanding economic concepts and improving pedagogical abilities of students in economic education study programs.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115890

Actions (login required)

View Item View Item