Kolektif efikasi sebagai mediator pengaruh penggunaan situs jejaring sosial terhadap minat perilaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura / Maryoni Stevanny Kainama

Kainama, Maryoni Stevanny (2019) Kolektif efikasi sebagai mediator pengaruh penggunaan situs jejaring sosial terhadap minat perilaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura / Maryoni Stevanny Kainama. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maryoni Stevanny Kainama, 2018. Kolektif Efikasi Sebagai Mediator Pengaruh Penggunaan Situs Jejaring Sosial Terhadap Minat Perilaku Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W.,M.A,M.Si.,(II) Prof. Dr. F Danardana Murwani, MM., (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata kunci : Situs jejaring social, Kolektif fikasi, TAM. Pembelajaran dapat terjadi di situs jaringan sosial, karena situs jaringan sosial dapat digunakan untuk membantu individu bekerja sama dalam kelompok untuk melengkapi tujuan bersama-sama. Situs jejaring sosial telah menjadi populer dalam platform e-learning untuk berbagi pengetahuan dalam pembelajaran ,situs jejaring sosial dapat membantu siswa untuk lebih banyak menemukan koneksi dan berinteraksi secara sosial satu sama lain. Sehingga, memungkinkan mereka untuk berbagi ide lebih baik, menciptakan produk, membangun identitas, dan menerima umpan balik tepat waktu. Namun demikian, perlu untuk memahami bagaimana menginspirasi perilaku siswa agar kooperatif dan lebih efektif Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan strategi pembelajaran dengan menggunakan situs jejaring sosial, dan menggunakan kerjasama tim untuk meningkatkan interaksi antar siswa, sehingga bertujuan untuk secara efektif meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengeksplorasi model perilaku terkait dengan penggunaan situs jejaring sosial. Dengan melakukan investigasi yang lebih komprehensif, memodifikasi dan mengembangkan Technology Acceptance Model (TAM). Model ini kemudian digunakan untuk meneliti faktor-faktor yang berpengaruh dalam penggunaan situs jejaring sosial dalam pembelajaran siswa. Penelitian ini mengumpulkan 93 kuesioner yang valid dan menggunakannya untuk menguji model yang diusulkan. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi kemudahan mempengaruhi nilai perilaku siswa melalui kegunaan dan kolektif efikasi yang dirasakan dan pada akhirnya mempengaruhi dimensi nilai perilaku belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut disain instruksional harus bekerja dengan menggunakan keragaman dan kekayaan situs jejaring sosial yang ada untuk meningkatkan presepsi siswa tentang kegunaan teknologi informasi yang berguna dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115888

Actions (login required)

View Item View Item