Pristiani, Riska (2019) Keefektivan pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang / Riska Pristiani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pristiani Riska. 2018. Keefektivitasan Pembelajaran Ekonomi pada Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Malang. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. J. G. Nirbito M.Pd (II) Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed (III) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Keefektivitasan Pembelajaran Ekonomi Pendidikan Dasar Manfaat mempelajari dan memahami ilmu ekonomi adalah untuk meningkatkan kesehatan perekonomian Indonesia di masa depan dan saat ini dengan mengikutsertakan mereka sejak dini untuk ikut serta menyehatkan perekonomian Indonesia dengan menjadikan mereka berperilaku ekonomi yang rational altruism dan bermoral sesuai dengan ideologi negara kita seperti bijak dalam konsumsi dan investasi berkomitmen untuk selalu mengembangkan kekreativitasan dirinya memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan pribadinya atau ikut serta berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian negara melalui kegiatan kewirausahaan. Sayangnya hal tersebut tidak berbanding lurus dengan hasil penilaian Knowledge Economic Index berasal dari data Worldbank dan Knowledge for Development (DICE 2013) di Database for institutional Comparisons in Europe dimana skor Indonesia sebesar 3.06 Economic Incentive and Institutional Regime sebesar 3.57 Innovation sebesar 4.50 Education sebesar 2.2 dan Information and Communication Technology (ICT) 1.90. Diikuti data angka pengangguran yang tinggi karena lapangan pekerjaan saat ini tidak bisa mengcover permintaan tenaga kerja yang ada. lapangan pekerjaan utama dan Pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2008-2017 didominasi oleh lulusan SD sebesar 31 22 juta jiwa lalu dilanjutkan oleh siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama sebesar 21 71 juta jiwa yang rata-rata bekerja dibidang pertanian kehutanan perburuan dan perikanan sebesar 13 58 juta jiwa dan di bidang Perdagangan Rumah Makan dan Jasa Akomodasi sebesar 6 6 juta jiwa. Berdasarkan salah satu permasalahan yang telah dijabarkan diatas maka diperlukan untuk mengetahui keefektivitasan pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar. Tujuan dilakukannnya penelitian ini adalah menyusun rumusan konsep isi tujuan dan materi pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan dan falsafah bangsa ini mengetahui tingkat keefektivitasan pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar saat ini jika dibandingkan dengan pembelajaran ekonomi seharusnya yang telah dirancang peneliti mendeskripsikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi (evaluation research) untuk mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran ekonomi pada Pendidikan Dasar saat ini dan dapat memberikan rekomendasi perbaikan pembelajaran ekonomi seharusnya sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi kedepan. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Obyek penelitian adalah pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Benchmarking Procces yang dikembangkan oleh Gregory H. Watson (2007). Alasan pengambilan jenis dan model penelitian ini karena dirasa oleh peneliti adanya sinkronisasi yaitu pada latar belakang teori benchmarking yang dirancang oleh Gregory H. Watson dengan tujuan penelitian ini. Benchmarking processs di kemukakan oleh (Watson 2007) dikenal dengan model Six Sigma DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control). Namun dikarenakan adanya keterbatasan biaya dan waktu yang dimiliki peneliti maka dalam penelitian ini tidak sampai pada tahap control. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling dan diambil 4 SMP Negeri di Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi observasi angket tes hasil belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Peneliti telah merumuskan konsep mengenai tujuan dan materi pembelajaran ekonomi seharusnya pada jenjang Pendidikan Dasar dengan berdasar pada aspek kondisi negara Indonesia yang terkait dengan kondisi perekonomian Indonesia sistem ekonomi negara Indonesia pendidikan negara Indonesia khususnya pembelajaran ekonomi pada jenjang Pendidikan dasar dan sebagai pembanding pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan dasar terdapat negara benchmarking yang terdiri dari Amerika Australia Singapore Korea Selatan dan Finlandia (2) Pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan ekonomi di Kota Malang saat ini belum efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran ekonomi seharusnya yang telah dirancang peneliti (3) Peneliti telah menyusun rekomendasi perbaikan pembelajaran untuk dapat meningkatkan pembelajaran ekonomi pada jenjang Pendidikan dasar bagi semua aspek yang terkait. Rekomendasi bagi aspek kurikulum pembelajaran ekonomi diharapkan untuk menyusun tujuan pembelajaran menambah materi yang seharusnya ada yaitu kebutuhan dan keinginan kelangkaan dan pilihan biaya dan manfaat pengambilan keputusan kemampuan dasar mengelola keuangan (Financial Literacy) dan sistem ekonomi Indonesia (nilai-nilai yang diterapkan dalam melakukan kegiatan ekonomi). Rekomendasi bagi aspek guru IPS yang mengajar ekonomi yaitu Pentingnya guru memahami psikologi perkembangan peserta didik self development nilai-nilai yang terkandung dalam sistem ekonomi Indonesia dan bersedia meng-upgrade keilmuannya untuk lebih membantu dalam proses peningkatan kualitas pembelajaran ekonomi dan penanaman nilai-nilai siswa dalam berkegiatan ekonomi dikarenakan ilmu ekonomi adalah ilmu yang berkecimpung dalam kehidupan kita sehari hari dan sedari kecil perkembangan keilmuannyapun berkembang sangat pesat dan segala hal yang dilakukan dapat membawa dampak pada kemampuan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian negaranya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/115885 |
Actions (login required)
View Item |