Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK Kota Medan / Khairuddin E. Tambunan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK Kota Medan / Khairuddin E. Tambunan

Tambunan, Khairuddin E. (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK Kota Medan / Khairuddin E. Tambunan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khairuddin E. Tambunan. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Berorientasi Ekonomi Kreatif di SMK Kota Medan. Disertasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. SE MP Ak. (II) Prof. Dr. H. Wahjoedi ME. (III) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Internalisasi Kewirausahaan Nilai-Nilai Kewirausahaan Pembelajaran Kewirausahaan Ekonomi Kreatif SMK Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada masih adanya kegiatan pembelajaran kewirausahaan yang kovensional rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kewirausahaan serta tingginya angka pengangguran lulusan SMK. Kondisi ini menyebabkan kompetensi dan kualitas lulusan menjadi tidak memiliki daya saing dan bekal dalam mencari dan menciptakan lapangan pekerjaan. Di samping itu pembelajaran kewirausahaan belum diorientasikan pada pengembangan sektor ekonomi kreatif yang merupakan potensi lokal. Dimana pengembangan sektor ekonomi kreatif tersebut akan mampu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan dalam kegiatan pembelajaran khususnya kewirausahaan yaitu pengembangan perangkat pembelajaran melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK. Dengan demikian diharapkan siswa atau lulusan memiliki bekal nilai-nilai kewirausahaan dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang merupakan potensi dan keunggulan lokal untuk mampu menciptakan lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahuipelaksanaan pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK Kota Medan(2) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK untuk menghasilkan dan (3) untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran kewirausahaan melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan berorientasi ekonomi kreatif di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang di lakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Medan yaitu siswa yang berada di semester 1 kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Medan sebagai kelas kontroldan siswa kelas XI PM 1 SMK Negeri 7 Medan sebagai kelas eksperimen. Adapun urutan dalam penelitian ini antara lain 1) studi pendahuluan yang beirisi tentang pra penelitian survey analisis kebutuhan.2) pengembangan produk perangkat pembelajaran awal sampai dengan uji coba produk melalui uji validasi ahli dan uji coba produk terbatas. 3) Uji produk akhir melalui uji lapangan dalam bentuk quasi eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen pre test-post test non equivalen control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara pengamatan FGD angket dan penilaian kinerja. Dimana teknik analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan deskripsi dan melakukan uji t dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian terbukti dapat digambarkan antara lain a) pembelajaran kewirausahaan di SMK masih mengggunakan metode konvensional belum memasukkan nilai-nilai kewirausahaan dan berorientasi pada sektor ekonomi kreatif. b) pengembangan perangkat pembelajaran kewirausahaan dengan hasil produk berupa silabus RPP dan modul pembelajaran menunjukkan bahwa diperlukan internalisasi nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran kewirausahaan. c) secara keseluruhan bahwa uji coba produk menunjukkan kriteria baik dan uji produk akhir dan mengukur efektivitas pembelajaran antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan. Untuk pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut maka ada beberapa hal sebagai saran antara lain a) menjadikan pengembangan perangkat pembelajaran ini sebagai model pembelajaran kewirausahaan di SMK dengan memasukkan nilai-nilai kewirausahaan dan orientasi sektor ekonomi kreatif dalam pembelajaran. b) melakukan pendidikan dan pelatihan bagi guru dan sekolah dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini dengan melakukan sinergi dan kerjasama dengan pemerintah dan melibatkan stakeholder pengguna lulusan. c) untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan cakupan materi pembelajaran yang lebih luas dan memiliki waktu penelitian yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115884

Actions (login required)

View Item View Item