Reza (2019) Kajian nilai-nilai budaya Suku Kutai dalam perspektif pendidikan ekonomi / Reza. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Reza. 2018. Kajian Nilai-Nilai Budaya Suku Kutai dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. H. Agus Suman DEA. (III) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata Kunci nilai-nilai budaya suku Kutai pendidikan ekonomi Kajian ini didasari oleh pentingnya pengkajian nilai budaya suku Kutai dalam menghadapi perubahan jaman. Masuknya berbagai budaya baru yang terasimiliasi dalam berbagai bentuk diduga telah membawa perubahan terutama dalam tata perilaku ekonomi masyarakat Suku Kutai. Perlu dilakukan kajian mendalam tentang nilai budaya suku Kutai terutama dalam perspektif pendidikan Ekonomi. Fokus penelitian diarahkan pada telaah mendalam mengenai (1) Apa fenomena yang tampak dalam nilai budaya dan cara transfer suku Kutai di Kecamatan Tenggarong (2) Apa fenomena yang tampak dalam permasalahan sosial ekonomi dan budaya suku Kutai di Kecamatan Tenggarong dan (3) Bagaimanakah orang Kutai memaknai nilai-nilai budayanya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. pendekatan grounded theory dalam penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi Suku Kutai dalam memaknai nilai budaya berdasarkan perspektif pendidikan Ekonomi sehingga dapat mengembangkan suatu teori atau konsep yang dapat menjadi dasar mengembangkan ekonomi berbasis nilai budaya. peneliti hadir dalam Peneliti akan bertindak sebagai pengamat partisipan (participant observation) agar lebih mudah memahami perilaku keseharian penduduk suku Kutai yang ada di lokasi penelitian baik di rumah maupun di luar rumah termasuk hadir pada lingkungan dimana mereka bersosialisasi di masyarakat. Lokasi penelitian ini adalah Kecamatan Kecamatan Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara. Fenomena yang akan diteliti adalah fenomena yang terkait dengan fokus penelitian yaitu mengenai makna nilai-nilai budaya suku Kutai dalam perspektif Pendidikan Eknomi. Karena fenomena ini melekat Suku Kutai maka responden yang akan dikenal penelitian adalah seluruh orang Kutai di kecamatan Tenggarong pada tahap awal. Pada tahap selanjutnya yaitu pada saat masuk tahap axial dan selectif coding peneliti akan memilih beberapa orang Kutai yang perilakunya sangat menonjol yang mewakili nilai-nilai budaya Suku Kutai yang diteliti. Sumber data lain dalam penelitian yang dapat digunakan Sumber bahan cetak (kepustakaan) meliputi buku teks dokumen sejarah makalah kliping tentang sejarah kebudayaan suku Kutai yang diperoleh dari surat kabar majalah ilmiah jurnal situs internet dan lain-lain. Analisis data yang digunakan menurut Grounded Research maka dapat dijelaskan analisis dilakukan dengan tiga tahap yaitu a) Pengodean Terbuka (Open Coding) b) Pengodean Poros (Axial Coding) c) Pengodean Selektif (Selective Coding) Hasil penelitian menunjukkan (1) fenomena yang tampak dalam nilai budaya mencakup adat kepercayaan kearifan lkal dan Filosofi suka Kutai. Cara transfer suku Kutai di Kecamatan Tenggarong mencakup Cara transfer melalui pengalaman orang lain sendiri melalui pantangan dan larangan serta pengajaran secara langsung. (2) Eenomena yang tampak dalam permasalahan sosial ekonomi dan budaya suku Kutai di Kecamatan Tenggarong mencakup permasalahan pelestarian sumber daya dan permasalahan Sosial Ekonomi (3) orang Kutai memaknai nilai-nilai budayanya secara umum dalam bentuk kearifan hidup yang tercermin dalam perilaku Menghormati orang lain Keharmonisan dengan alam kerjasama Tolong menolong silaturrahmi Menghormati antar wilayah gotong royong hidup hemat hidup sejahtera hidup sederhana dan rajin mencari rejeki.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/115883 |
Actions (login required)
View Item |