Analisis pendidikan ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang dalam perspektif nilai rasionalitas, altruisme dan moralitas ekonomi / Cahyo Tri Atmojo

Atmojo, Cahyo Tri (2019) Analisis pendidikan ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang dalam perspektif nilai rasionalitas, altruisme dan moralitas ekonomi / Cahyo Tri Atmojo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Atmojo, Cahyo Tri. 2019. Analisis Pendidikan Ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang Dalam Perspektif Nilai Rasionalitas, Altruisme, dan Moralitas Ekonomi. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, M.A., M.Si., (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed., (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Ekonomi, Rasionalitas, Altruisme, Moralitas Kajian ini didasarkan pada adanya fenomena bahwa terjadinya pencurian, tawuran, minum-minuman keras bahkan sampai pada korupsi yang terjadi dimasyaraka baik dilakukan oleh siswa dan juga pejabat, menjadikan sebuah problem dalam dunia pendidikan. Melalui pendidikan yang kokoh dan tepat, akan dapat mewujudkan cita-cita mulia suatu bangsa indonesia yang tertuang pada pembukaan UUD 1945 yaitu menjadikan sebuah negara yang makmur. Dengan fenomena remaja kurang rasional dalam bertindak, semakin berkurangnya keperdulian sosial atau altruisme, dan moralitas ekonomi yang juga kurang. Maka dirasa perlu ada dalam program pendidikan yang memasukkan nilai-nilai rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi pada program pendidikan ekonomi yang diantaranya kurikulum dan bahan ajar, rencana dalam pembelajaran, proses pembelajaran, dan tentunya penilaian dalam pembelajaran. Serta guru dituntut untuk memahaminya Fokus penelitian untuk mengungkap pendidikan ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang dalam perspektif nilai rasionalitas, altruisme dan moralitas ekonomi atas perangkat pembelajaran (kurikulum dan bahan ajar, RPP, dan alat evaluasi) dan proses pembelajaran. pendidikan ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang dalam perspektif nilai rasionalitas, altruisme dan moralitas ekonomi ditinjau berdasarkan persepsi guru. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk menganalisis. Rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah multi situs penelitian ini berusaha mengungkap Pendidikan Ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang ditinjau berdasarkan rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi pada ketiga lembaga yaitu SMA Negeri 3 Jombang, MA Negeri 1 Jombang, dan MA Al-Anwar Paculgowang. Hasil penelitian dapat dipaparkan pada temuan multisitus bahwa pada aspek (1) kurikulum dan bahan ajar sekolah telah menggunakan kurikulum nasional, struktur kurikulum matapelajaran ekonomi sesuai dengan kurikulum nasional, kurikulum tidak menjelaskan secara spesifik tentang rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi. Pada aspek bahan ajar cenderung berisi tentang rasionalitas ekonomi, sedangkan altruisme ekonomi dan moralitas ekonomi tidak tampak dalam penjelasan. Tidak terdapat pokok bahasan tersendiri yang spesifik dalam bahan ajar tentang rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi. (2) Perencanaan pembelajaran, RPP tidak terdapat pokok bahasan tersendiri yang spesifik tentang rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi, silabus menyesuaikan dengan kurikulum nasional sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran dalam struktur materi menyesuaikan permendikbud. (3) Pelaksanaan pembelajaran tidak terdapat penjelasan tersendiri terkait rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, moralitas ekonomi. guru menjelaskan menggunakan contoh tetapi tidak menjelaskan secara rinci tentang rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, moralitas ekonomi (4) Alat evaluasi pembelajaran, penilaian lebih banyak terkait dengan rasionalitas ekonomi, butir soal yang berkaitan dengan altruisme dan moralitas ekonomi tidak tampak. (5) Guru masih belum memahami dengan sepenuhnya tentang rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan guru matapelajaran ekonomi menjadikan hasil temuan penelitian ini sebagai bahan refleksi pembelajaran ekonomi terkait Kurikulum dan bahan ajar, perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran ditinjau berdasarkan nilai-nilai rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi. Dengan pengetahuan terkait rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi, dan moralitas ekonomi, hendaknya guru memasukkan unsur tersebut kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta guru pada setiap materi mencoba untuk mengelompokkan isi materi dan menjelaskan sesuai dengan aspek rasionalitas ekonomi, altruisme ekonomi dan moralitas ekonomi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115882

Actions (login required)

View Item View Item